BOGOR-TODAY.COM – Kolaborasi dengan World Wildlife Fund for Nature (WWF) dalam pengolahan sampah plastik, Pasar Jambu Dua di bawah Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) siap menjadi pasar percontohan di Indonesia.

Manager Keamanan Kebersihan Ketertiban (K3) Perumda PPJ Dedi Suharto mengatakan, bahwa beberapa hari lalu, pihaknya menerima kunjungan dari WWF ke Pasar Jambu Dua.

Dia menjelaskan, bahwa WWF merupakan salah satu NGO atau badan dunia yang fokus dalam menangani penyelamatan lingkungan, salah satunya programnya pengurangan sampah plastik.

Baca Juga :  Rincian Daftar Libur Hari Raya Idul Fitri 2023 dan Libur Cuti Bersama Lebaran 2023

Hal itu, kata dia beriringan dengan keinginan Perumda PPJ untuk, bisa memiliki tempat sampah terpadu di kawasan pasar yang representatif juga memenuhi berbagai syarat serta dapat dukungan dari pemerintah dan WWF.

“Kita berkolaborasi dengan WWF dalam pengurangan sampah plastik, jadi mereka mensurvei lokasi sesuai ajuan Perumda Pasar Pakuan Jaya. Mereka akan membangun infrastruktur pengelolaan sampah di Pasar Jambu Dua,” kata Dedi, Rabu 15 Maret 2023.

Baca Juga :  Ternyata Ini Lho, Manfaat Shalat Tarawih Untuk Kesehatan

Dedi juga mengatakan, didalam program plastik smart city, mereka cenderung fokus ke dalam penanganan sampah plastik yang didalam konsep mereka apabila Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) terwujud maka akan menjadi percontohan.

“Karena hingga saat ini belum ada TPS3R yang berlokasi di pasar,” ungkapnya.