Ada Air Dalam Bulan, Pertanda Apa?

air dalam bulan

BOGOR-TODAY.COM –  Para ilmuwan mengatakan, bahwa mereka telah menemukan air dalam bulan yang terperangkap di dalam manik-manik kaca kecil yang tersebar di bulan.

Para ilmuwan mengatakan, ada air dalam bulan, menunjukkan potensi sumber daya berharga untuk aktivitas manusia di permukaan bulan untuk masa depan keberlangsungan manusia.

Permukaan bulan diyakini kering, tetapi selama beberapa dekade terakhir, beberapa misi telah menunjukkan adanya air dalam bulan, baik di permukaan maupun di dalam mineral.

Analisis sampel tanah bulan yang diambil pada tahun 2020 selama misi robotik Chang’e-5 China menunjukkan bahwa bidang kaca ini meleleh dan di dingding mengandung molekul air.

BACA JUGA :  Kecelakaan Motor Tercemplung ke Sungai Cilacap, Diduga Hilang Keseimbangan

Molekul air itu ada di dalamnya, hal itu terbentuk melalui aksi angin matahari di permukaan bulan.

“Bulan secara terus-menerus ditabrak oleh benda langit mislanya mikrometeoroid dan meteoroid besar yang menghasilkan butiran kaca tumbukan selama peristiwa pemanasan kilat berenergi tinggi,” kata ilmuwan planet Sen Hu.

Angin matahari adalah aliran partikel bermuatan, terutama proton dan elektron, yang memancar keluar dari korona, bagian terluar atmosfer matahari dan menembus tata surya.

“Air yang berasal dari angin matahari dihasilkan oleh reaksi hidrogen matahari dengan oksigen yang ada di permukaan manik-manik kaca bulan,” kata Hu.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Qatar di Piala Asia U-23 2024

Dengan bola-bola ini, lanjut ilmuan itu, kemudian bertindak seperti spons untuk air.

Untuk eksplorasi bulan di masa depan, termasuk pangkalan bulan untuk jangka panjang, potensial yang dikelola oleh astronot, air sangat penting tidak hanya sebagai persediaan minum tetapi juga sebagai bahan bakar.

Bulan kekurangan bahan air atau cairan yang merupakan ciri khas Bumi, tetapi permukaannya diperkirakan menampung air dalam jumlah yang cukup besar.

============================================================
============================================================
============================================================