Sebagai Kakak Asuh Cegah Stunting Kota Bogor, Dokter Rayendra Edukasi Kesehatan Warga Tanah Baru

BOGOR-TODAY.COM, BOGORDokter Rayendra tak henti-hentinya melakukan edukasi kesehatan kepada warga Kota Bogor. Kali ini, menyasar Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, pada Senin (3/4/2023).

Ia datang bersama Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Bogor, Muharti Dedi Abubakar. Kegiatan ini merupakan Bulan Bakti Istri Dokter 2023 dalam mendorong cegah stunting.

Diketahui, Dokter Rayendra dinobatkan sebagai kakak asuh cegah stunting untuk Kota Bogor oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dokter Rayendra menjelaskan, stunting disebabkan berbagai faktor. Salah satunya karena kurangnya asupan penting seperti protein hewani, nabati dan zat besi. Untuk itu, sumber protein hewani sangat penting dan berguna bagi bayi untuk mencegah stunting.

BACA JUGA :  Jadi Ujung Tombak Jaga Lingkungan, Dedie Rachim Ajak RW se-Kota Bogor Gali Potensi Wisata Wilayah

“Kebanyakan masyarakat takut untuk memberi makan telur atau ikan kepada anaknya karena takut menimbulkan alergi dan sejenisnya. Padahal, protein hewani mengandung zat gizi lengkap yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak,” papar Dokter Rayendra.

Dipaparkan, pertumbuhan anak juga harus dipantau secara berkala di Posyandu. Ini penting untuk melihat keberhasilan intervensi sekaligus upaya deteksi dini masalah kesehatan gizi sehingga tidak terlambat ditangani.

BACA JUGA :  Diduga Hanya Menegur, Pria di Probolinggo Dikeroyok 5 Pemuda hingga Babak Belur

Selain itu, lanjut Dokter Rayendra, pentingnya ASI eksklusif kepada bayi hingga berusia 6 bulan dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita bersama-sama dorong cegah stunting,” pungkas Dokter Rayendra.

Acara Bulan Bakti Istri Dokter 2023 ini turut dihadiri sejumlah pengurus IIDI Cabang Kota Bogor, ahli gizi, Lurah Tanah Baru, Ronny Kunaefi dan beberapa undangan lainnya. Kegiatan diakhiri dengan pembagian paket asupan gizi kepada anak. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================