6 Keistimewaan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan

quran

BOGOR-TODAY.COM –   Malam Nuzulul Quran di bulan Ramadan dainggap sebagai hari penting bagi umat Islam dan bulan istimewa bagi Al Quran karena Al Quran diturunkan pada saat itu.

Allah Ta’ala berfirman,”(Beberapa hari yang ditentukan itu) adalah beberapa hari di bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran.”(Al-Baqarah [2]:185).

Ibnu Abbas berkata bahwa Al Quran diturunkan sekaligus dalam satu mushaf di Baitul’Izzah pada malam Lailatul Qadar.

Malam Nuzulul Quran juga bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, dimana Allah pertama kali menurunkan ayat-ayat Al Quran, yaitu surah Al-Alaq 1-5 kepada Rasulullah.

Banyak yang tidak sepakat mengenai waktu turunnya Al-Qur’an. Namun, mayoritas ulama Indonesia sepakat bahwa Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadan atau tahun ini bertepatan dengan 8 April 2023.

Malam Lailatul Qadar, yang juga merupakan Nuzulul Quran, adalah momen ketika Al Quran diturunkan. Oleh karena itu, malam Nuzulul Quran merupakan hari penting bagi umat Islam selama bulan Ramadan.

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Melansir laman resmi uinsgd.ac.id, inilah keutamaan malam Nuzulul Quran:

  1. Malam yang Lebih Baik dari 1.000 Bulan; Malam Lailatul Qadar sebanding pahalanya dengan melakukan ibadah selama 1.000 bulan.

Hal ini telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: ”Barang siapa yang melakukan qiyam (salat sunat) di malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dan rida Allah, maka diampunilah baginya semua dosanya yang terdahulu”.

  1. Malam diturunkannya Alquran; Allah SWT berfirman, mengagungkan kedudukan Lailatul Qadar yang dikhususkan oleh Allah sebagai malam diturunkan-Nya Al-Qur’an di dalamnya.

“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan”. (Al-Qadar: 2-3).

  1. Malam penuh kemuliaan: Malaikat Jibril Bersama Para Malaikat Turun ke Bumi Pada malam yang penuh kemuliaan bersamaan turunnya Al quran, para malaikat dipimpin Malaikat Jibril alaihisalam turun ke bumi.Allah SWT berfirman: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (QS.Al-Qadar [97]:4).
BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Pabrik Antena di Panyileukan Bandung

Yakni banyak malaikat yang turun di malam kemuliaan ini karena berkahnya yang banyak. Dan para malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat, sebagaimana mereka pun turun ketika Al quran dibacakan dan mengelilingi halqah-halqah zikir serta meletakkan sayap mereka menaungi orang yang menuntut ilmu dengan benar karena menghormatinya.

  1. Malam Keselamatan dan Kesejahteraan; Malam Nuzulul Quranjuga disebut dengan malam yang penuh keselamatan.

Firman Allah SWT. Artinya; “Untuk mengatur segala urusan. (Al-Qadar [97]:4).

============================================================
============================================================
============================================================