Perumda PPJ Kota Bogor
Petugas Perumda PPJ saat membersihkan sampah di kawasan Pasar Tekum, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMPerumda PPJ Kota Bogor melakukan aksi bersih-bersuh sampah yang menjadi penyumbat saluran drainase sehingga menjadi penyebab bencana banjir di lingkungan permukiman warga dan Pasar Teknik Umum (Tekum) Kemang Bogor.

Manager Usaha dan Jasa Perumda PPJ Kota Bogor Abdul Haris Maraden mengatakan, selama ini bahwa rumah warga di sekitar Pasar Induk Kemang kerap banjir, hal itu akibat tersumbatnya saluran drainase di Jalan Soleh Iskandar.

Menurut dia, bahwa yang terkena dampak banjir itu tak hanya warga tetapi juga area Pasar Tekum. Sehingga PD PPJ memiliki kewajiban secara moril untuk melakukan bersih-bersih bersama warga.

BACA JUGA :  Diduga Bunuh Diri Tusuk Perut di Kamar Mandi, Mahasiswa di Pamekasan Ditemukan Tewas

“Jadi, hasil monitorong lapangan kita, bahwa banjir itu akibat tersumbatnya saluran drainase yang menyebrang Jalan Sholeh Iskandar karena dipenuhi sampah. Dan itu awalnya aliran pengairan sawah, untuk itu PD pasar harus sigap melakukan bersih-bersih,” kata Haris, Kamis 4 Mei 2023.

Dijelaskan dia, kepentingan PD Pasar disitu, kalau banjir terus, pelayanan akan di komplain oleh pedagang dan pengunjung, sehingga omset para pedagang berkurang sebab masyarakat akan malas untuk berbelanja ke Pasar Tekum.

BACA JUGA :  Kurangi Overthinking dengan Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Masih kata Haris, jika terus banjir maka implikasinya adalah berpengaruh terhadap turunnya omset pendapatan para pedagang. Sehingga mereka tidak akan mau bayar servis carge dan kalau kondisi itu terus dibiarkan lama-lama pasar bisa hilang.

============================================================
============================================================
============================================================