Nama Gedung DPR RI di Goolge Maps Diganti Jadi ‘Kandang Tikus’, Irma Suryani: Tak Alergi Kritik

Gedung DPR RI di Google Maps yang diedit dengan sesuatu yang berhubungan dengan tikus. (Twitter/@recehtapisayang dan Instagram/@alivikry)

BOGOR-TODAY.COM – Anggota DPR RI dari Partai Nasdem Irma Suryani angkat bicara mengenai kebebasan berpendapat setelah lokasi gedung DPR RI di Google Maps terpampang dengan nama-nama satir seperti ‘Gedung Koruptor’, ‘Kandang Tikus’, ‘Peternakan Tikus’, dan ‘Gedung Tikus Turu’, pada Minggu 2 Juli 2023 malam.

Dilansir dari Detik, Irma Suryani menilai kebebasan di Indonesia bergerak ke arah yang salah, salah satu contohnya adalah penggantian nama gedung DPR RI menjadi nama-nama di atas.

“Saya sebagai salah satu kapoksi di Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI tentu sedih mendapati fakta bahwa kebebasan berpendapat di Indonesia menjadi salah kaprah, kebebasan berpendapat tetap harus menafikan etika, moral dan kepantasan dalam bertutur kata,” kata Irma kepada wartawan, dikutip dari Detik, Selasa 4 Juli 2023.

BACA JUGA :  Pria di Denpasar Bunuh Teman Kencan, Diduga Kesal Ditagih Uang Tambahan

Menurut Irma, anggota legislator bukan anti kritik, tetapi kata-kata yang tercantum dalam Google Maps tak pantas digunakan untuk kritik.

“Saya tidak alergi dengan kritik, karena saya sendiri bagian dari anggota DPR yang selalu melakukan kritisi kepada pemerintah yang programnya negative impact terhadap kondisi sosial ekonomi rakyat. Namun kata-kata dan kalimat atau narasinya sebaiknya tidak kebun binatang, atau kotoran,” ujarnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 6 Mei 2024

Di samping itu, Irma mengaku masih banyak yang harus diperbaiki oleh DPR RI terkait kinerja dan hal lain termasuk kendurnya pengawasan disiplin dari partai politik terhadap legislatornya di DPR.

“Saya pribadi juga sadar masih banyak yang harus diperbaiki oleh DPR RI, terkait kinerja dan lain-lain, tapi jangan juga menafikan kinerja baik sebagian besar lainnya yang sudah bekerja baik dan luar biasa dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat,” akunya.

============================================================
============================================================
============================================================