kuliner legendaris
Sate Sumsum Pak OO.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bukan cuma terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal akan berbagai kuliner legendarisnya. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat ternyata banyak yang masih bertahan hingga sekarang.

Meski hanya berupa makanan tradisional yang dijual di pinggir jalan, namun cita rasa yang tidak pernah berubah membuat berbagai kuliner ini bertahan dan tetap laris.

Mau tahu di mana saja tempat makan legendaris yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bogor? Simak beberapa bocorannya!

  1. Toge Goreng Pak Inin

Toge Goreng merupakan makanan tradisional khas Bogor yang terdiri atas campuran ketupat dan tauge yang dicampur dengan kuah oncom dan tauco. Nah, meski namanya memakai “goreng”, namun makanan ini tidak benar-benar digoreng, kok.

Nah, kalau kamu ingin mencoba sensasi Tauge Goreng yang asli khas Bogor, langsung kunjungi Toge Goreng Pak Inin yang sudah melegenda sejak tahun 1965.

Berada di dalam gang, tetapi orang-oran rela buat ngantre, bahkan dari luar kota, untuk menikmati Tauge Goreng yang rasanya nggak pernah berubah ini.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia Runner Up Thailand Open 2024

Alamat: Toge Goreng Pak Inin Jln. Ir H Djuanda, Gg. Sukalaya, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

  1. Soto Mie Mang Ohim

Siapa, sih, yang nggak kenal kuliner khas kota hujan ini? Iya, Soto Mi dengan kuah segarnya ini jadi salah satu makanan asal Bogor yang juga merambah hingga ke Jakarta.

Beda dari yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima di Jakarta, Soto Mie Mang Ohim di Bogor ini rempahnya lebih kuat. Kriuk risol, potongan daging, dan mi kuning dalam semangkuk saja sudah menghangatkan perut.

Bikin kamu selalu kangen buat balik lagi!

Alamat: Soto Mie Mang Ohim Jln. Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat

  1. Soto Kuning Pak Salam

Selain soto mi, Bogor juga punya hidangan soto lain yang nggak kalah enak, lho! Soto kuah kuning yang disantap dengan sepiring nasi putih.

BACA JUGA :  SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Redam Kenakalan Remaja Lewat Aplikasi

Berbeda dari soto mie, soto kuah kuning punya kuah yang lebih kental dengan isian yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari daging hingga jeroan. Nah, salah satu yang paling terkenal dan legendaris di Bogor yaitu Soto Kuning Pak Salam.

Sudah berjualan sejak tahun 1980-an, jika kamu nggak mau kehabisan Soto Kuning Pak Salam, sebaiknya jangan datang setelah pukul 19.00, ya. Cepat habis, sih!

Alamat: Soto Kuning Pak Salam Jln. Siliwangi No.298, Sukasari, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

  1. Sate Sumsum Pak OO

Jalan Suryakencana di Bogor jadi salah satu pusat kuliner legendaris kota hujan ini. Salah satu yang wajib coba adalah Sate Sumsum Pak OO.

Satai di sini beda banget dari satai lainnya karena yang jadi andalan adalah satai sumsum tulang belakang sapi dan satai ginjal.

============================================================
============================================================
============================================================