Pembalap Indonesia, Aldi Satya Mahendra Menang WorldSPP 300 di Ceko

Pembalap muda Indonesia, Aldi Satya Mahendra. (Yamaha Racing)

BOGOR-TODAY.COM – Aldi Satya Mahendra, pembalap Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dengan memenangi balapan kedua (Race 2) WorldSPP 300 Ceko di Sirkuit Autodrom Most, pada Minggu (30/7/2023). Aldi menjalani pekan balap ini dengan status wildcard, membela Yamaha BrCorse.

Pada balapan pertama (Race 1) sehari sebelumnya, Aldi sekadar finis ke-16 dan gagal meraih poin. Namun, ia tampil lebih garang pada Race 2, ketika balapan digelar dalam keadaan basah akibat hujan yang turun deras. Meski start sempat ditunda, Aldi tetap fokus menjelang balapan.

Pembalap Indonesia lainnya yang membela Sublime Racing by MS Racing, Galang Hendra Pratama, melakukan start dengan baik, tapi langsung dikejar oleh Aldi, yang juga merupakan sang adik. Galang terus memimpin, tetapi motornya mengalami kendala teknis saat balapan menyisakan lima lap.
Akibat kendala tersebut, Galang harus kembali ke garasi dan gagal finis. Setelahnya, Aldi pun bertarung di depan dengan para rider lain. Ia lalu menjalankan aksi saling salip yang cukup perhitungan, dan akhirnya meraih kemenangan perdananya di WorldSSP300.

Rider berusia 17 tahun ini menang dengan keunggulan 0,169 detik atas pembalap Deza-Box 77 Racing Team Kawasaki asal Spanyol, Jose Manuel Osuna Saez, dan diikuti oleh pembalap Accolade Smrz Racing BGR Kawasaki, Jose Luis Perez Gonzalez, yang finis ketiga.

BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

Aldi menjadi pembalap Indonesia kedua yang pernah meraih kemenangan di WorldSSP300, yakni setelah sang kakak memenangi balapan WorldSSP200 di Jerez, Spanyol, pada 2017. Kala itu, Galang juga berstatus wildcard, membela Yamaha Motoxracing.

BACA JUGA :  Tambah Daya Ingat dengan 5 Minuman Ini, Bikin Lebih Fokus dan Produktif

Seperti sang kakak pula, Aldi merupakan lulusan Yamaha VR46 Master Camp, program pelatihan pembalap muda yang digelar dua kali setahun oleh Yamaha dan akademi balap Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, di Tavullia, Italia. Galang mengikuti program ini pada 2016, sementara Aldi pada 2022.

============================================================
============================================================
============================================================