kamera analog
Canon AE-1. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Tidak hanya fashion, namun tren kamera analog kembali digemari banyak orang. Memotret dengan menggunakan kamera analog kini dianggap keren karena ada daya tarik sendiri dengan hasil yang tidak bisa dilihat langsung.

Nah, bagi kamu yang mungkin mulai tertarik atau sudah menggeluti hobi baru ini dan sedang mencari-cari kamera analog berkualitas, namun murah, berikut ini ada beberapa rekomendasi kamera analog murah dengan kualitas bagus yang bisa menjadi pilihan kamu. Apa saja rekomendasi kameranya? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Canon AE-1

Kamera yang satu ini sudah diperkenalkan ke publik sejak April 1976 dan menjadi salah satu kamera paling sukses di dunia. Di mana, Canon AE-1 merupakan kamera SLR yang dilengkapi Automatic Exposure atau pencahayaan otomatis dengan pengendaliannya secara elektronik. Kamera ini dilengkapi shutter speed mencapai 1/1000 detik.

Beberapa lensa yang kompatibel untuk Canon AE-1 di antaranya Canon FD 50mm f/1.4 SSC atau FD 50mm f/1.8 SC. Dengan bobot berat hanya 590 gram, kamera ini bisa menjadi pilihan kamu untuk dibawa ke mana-mana. Kekurangan dari kamera ini adalah kamera yang sudah tidak diproduksi lagi sehingga kamu hanya bisa mendapatkannya dalam kondisi bekas.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Walaupun begitu, harga bekas dari kamera ini masih terbilang cukup mahal yaitu di kisaran Rp4,3 juta sampai Rp4,65 juta dengan tambahan lensa bawaan.

Nikon FE2

Pilihan kamera berikutnya adalah Nikon FE2 yang dirilis di tahun 1983 dengan masa produksi hanya sampai tahun 1987. Terdapat dua pilihan warna yaitu hitam dan krom, kamera ini dilengkapi kecepatan rana maksimal 1/4000 detik yang kecepatan sinkronisasi flash-nya pada 1/250 detik. Untuk jangkauan ASA/ISO, mulai dari 12 sampai 4000.

Lensa yang cocok digunakan pada kamera ini yaitu dengan tipe AI/AIS/AF serta AFS. Di mana, bobot kamera ini hanya 550 gram sehingga cocok untuk dibawa kemanapun pada waktu hunting fotomu tanpa harus merasa lelah. Mengingat tahun perilisan dan produksinya, kamera ini juga hanya bisa dijumpai dalam kondisi bekas saja dengan harga cukup bervariasi di Rp1,7 juta untuk body only dan Rp2,4 juta termasuk lensa.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia, Ana/Tiwi Wakil Satu-satunya di Final Thailand Open 2024

Olympus OM-1

Kamera selanjutnya yang dirilis pada tahun 1972 adalah Olympus OM-1. Kamera ini memiliki desain yang ramping, ringan, serta compact. Di mana, beratnya hanya 510 gram berdimensi 136x83x50 mm yang menjadi satu-satunya kamera SLR 35mm teringan dan terkecil di dunia. Oleh karena itu, kamera ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki hobi jalan-jalan dan mengeksplor tempat-tempat baru.

Kamera yang memiliki jangkauan ISO 25-1600 dengan shutter speed mencapai 1/1000 detik ini hanya tersedia dalam kondisi bekas dan bisa kamu dapatkan mulai dari Rp1,8 juta hingga Rp2,5 juta.

============================================================
============================================================
============================================================