Fix! Ini Empat Stadion yang Digunakan Untuk Piala Dunia U17 2023

Stadion Jakarta International Stadium (JIS) untuk Piala Dunia U-17 2023. (PSSI)

BOGOR-TODAY.COM – FIFA dan PSSI sudah menyepakati penggunaan empat stadion dalam penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

Penggunaan empat stadion yang berlokasi di Pulau Jawa dilatarbelakangi alasan dana dan logistik, seperti yang dibeberkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir pekan lalu.

Erick pun menjelaskan lokasi-lokasi yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 yang akan berlangsung pada Oktober-November mendatang.

“Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang akan mengumumkan FIFA ya bukan saya, bahwa nanti untuk di Jakarta ada dua grup, lalau di Bandung di Si Jalak Harupat dua grup, lalu di Surabaya satu grup dan Solo satu grup,” ujar Erick yang diwawancara di Indonesia Arena, Senin (7/8).

BACA JUGA :  Komisi IV DPRD Kota Bogor dan Disdik Rumuskan Kebijakan Baru Soal PPDB

Pada akhir Juli lalu perwakilan FIFA telah menginspeksi empat stadion. Keempat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Manahan (Solo).

“Kita juga mengusulkan tim nasional main di Jakarta, lalu pembukaan di Jakarta, semifinal dan final di Solo seperti yang U-20,” jelas Erick.

Guna menunjang kesiapan semua tempat pertandingan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengundang berbagai pihak seperti Menpora, PSSI, Gubernur provinsi terkait, pada Rabu (9/8).

Selanjutnya FIFA yang didampingi konsultan dari Australia dan Eropa akan kembali mendatangi Indonesia pada 26 Agustus untuk pengecekan dan menetapkan stadion-stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U17 2023.

BACA JUGA :  Awas! Ternyata Ini 5 Sayuran Yang Megandung Tinggi Gula

Inilah 4 stadion Untuk Piala Dunia U-17 2023:

1. JIS (Jakarta)

Jakarta International Stadium (JIS) (Instagram @jakintstadium)

Stadion anyar di ibu kota milik Pemprov DKI Jakarta bakal menjadi salah satu panggung bagi pemain-pemain muda di penjuru dunia.

JIS akan menggelar laga internasional berlabel FIFA untuk kali pertama. Sebelumnya JIS pernah menggelar laga persahabatan antara Persija dan Chonburi yang digelar bersamaan dengan peresmian stadion berkapasitas 82 ribu penonton pada 24 Juli 2022.

JIS dibangun sejak 2019 dan soft opening direncanakan pada 11 Desember 2021, namun perilisan stadion ditunda karena Covid-19. Ajang sepak bola bertajuk International Youth Championship pada 13-19 April 2022 akhirnya menjadi penanda soft launching JIS.

============================================================
============================================================
============================================================