Ajang Pencarian Bibit Atlet, 285 Peserta Ikut Brick Parkour Asian Tour 2023

Ilustrasi Brick Parkour (Facebook Brick)

BOGOR-TODAY.COM – Sambutan luar biasa ditunjukkan para peserta Brick Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series. Tercatat 285 peserta akan ambil bagian dalam event yang diadakan di AEON Mall BSD City, 12 hingga 13 Agustus 2023.

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Ita Yuliati bangga dengan tingginya antusiasme peserta Brick Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series. Apalagi, parkour juga adalah disiplin senam yang sudah berkembang dan dikenal luas di dunia.

“Jadi kami berjalan beriringan karena sejatinya parkour ini sudah berkembang di komunitas melalui olahraga rekreasi. Namun jika untuk prestasi, wadahnya ada di gymnastics FIG (Federasi Senam Internasional),” kata Ita dalam sesi jumpa pers, Jumat (11/8/2023).

BACA JUGA :  Pemerintah Kota Bogor Targetkan Raih Predikat Utama KLA 2024

Ita mengatakan, selain jadi kompetisi, ajang ini juga momen pencarian bibit atlet parkour di Tanah Air. Pada 2018, Komite Olimpiade International (IOC) meminta FIG menangani parkour sebagai salah satu disiplin di gymnastics (senam).

“Event ini juga tak hanya mencari juara, tapi kami akan talent scouting. Nah, pemain-pemain parkour yang usianya di bawah 17 tahun ini akan dilihat, mana yang kira-kira dapat dibina oleh PB Persani,” ujar Ita.

BACA JUGA :  Pencuri Sepeda Motor di Bogor Kepergok Warga, Pelaku Bawa Pistol Mainan

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mendukung penuh penyelenggaraan Brick Parkour Asian Tour 2023. Agenda tersebut dinilai bisa menjadi salah satu cara agar khalayak luas bisa lebih mengenal parkour.

“Sudah banyak olahraga yang tadinya urban sports masuk Olimpiade, jadi parkour ini juga menjadi motivasi kita untuk memperhatikan cabang olahraga urban yang berpotensi menjadi cabor Olimpiade,” tutur Sekjen NOC Indonesia Wijaya Noeradi.

============================================================
============================================================
============================================================