FPTI Targetkan 4 Wakil Panjat Tebing Indonesia ke Olimpiade 2024 Paris

Indonesia targetkan medali emas dari 9 cabor di Asian Games 2023. (Twitter @ifsclimbing)

BOGOR-TODAY.COM – Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid membidik empat tiket lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Saat ini Indonesia sudah mengamankan satu tiket Olimpiade 2024 cabor panjat tebing melalui Desak Made Rita Kusuma Dewi. Yenny ingin tim panjat tebing Indonesia mengirim tiga wakil tambahan ke pesta olahraga tertinggi dunia tersebut.

Target empat tiket yang ditetapkan Yenny adalah kuota maksimal per negara untuk cabor panjat tebing nomor speed Olimpiade. Pada gelaran tersebut, setiap negara berhak mengirim dua atlet putra dan dua atlet putri di nomor speed.

BACA JUGA :  REFLEKSI HARI PENDIDIKAN NASIONAL: REPRESI SISTEM PENDIDKAN DALAM BENTUK KOMERSIALISASI

“Masih ada dua ajang untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade. Ajang yang pertama bulan November nanti yaitu Asian Qualifiers dan kita jadi tuan rumah di Jakarta. Lalu tahun depan sekitar bulan Maret sampai Mei ada lagi kualifikasi Olimpiade Paris,” kata Yenny di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (22/8).

BACA JUGA :  Hari Kesiapsiagaan Bencana Momentum Bangkitkan Kesadaran Masyarakat Agar Siaga

“Tapi memang satu negara dibatasi cuma dua [per gender]. Jadi ya kita berjuang semoga bisa dapat empat tiket ke olimpiade,” ujar Yenny usai bertemu Menpora Dito Ariotedjo.

Yenny menatap turnamen terdekat dalam hal ini kualifikasi zona Asia untuk Olimpiade. Berkesempatan menjadi tuan rumah, Yenny optimistis atlet terbaik Indonesia mampu merebut dua tiket maksimal untuk lolos Olimpiade 2024 Paris.

============================================================
============================================================
============================================================