Setelah 3 Abad, Empat Arca Peninggalan Kerajaan Singasari Dikembalikan dari Belanda ke Indonesia

Arca peninggalan Kerajaan Singasari yang dikembalikan dari Belanda ke Indonesia di Museum Nasional Indonesia, Jakarta. (Foto: Kemendikbudristek)

BOGOR-TODAY.COM – Sebanyak empat arca peninggalan Kerajaan Singasari dikembalikan ke Indonesia dari Belanda, yang telah disimpan selama tiga abad. Keempat arca tersebut adalah Durga, Mahakala, Nandishvara dan Ganesha.

Kedatangan empat arca disambut langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Museum Nasional Indonesia, pada Selasa (22/8).

“Masih dalam semangat kemerdekaan, masyarakat Indonesia patut berbangga atas hasil perjuangan kita bersama selama kurang lebih dua setengah tahun untuk mengembalikan benda sejarah dan budaya milik bangsa ini kembali ke Tanah Air,” kata Nadiem dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/8).

BACA JUGA :  Pilu, Perempuan Dibakar Hidup-Hidup Eks Karyawan di Deliserdang, Begini Kondisinya

Dia mengatakan empat arca yang telah tiba itu merupakan bagian dari 472 artefak berharga hasil proses kesepakatan pemulangan kembali atau repatriasi benda sejarah dan budaya dari Belanda ke Indonesia.

Nadiem menjelaskan upaya repatriasi ini telah dimulai Kemendikbudristek sejak 2021 dan secara resmi disepakati antara Indonesia dan Belanda  pada 10 Juli 2023 lalu.

BACA JUGA :  Ini Daftar Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Lawan Irak dan Filipina

Saat ini, kata Nadiem, Kemendikbudristek tengah memproses pengembalian satu keris Puputan Klungkung, 132 karya seni Pita Maha, dan 335 koleksi khasanah Puri Cakranegara Lombok.

“Pemulangan ratusan benda yang membentuk sejarah peradaban bangsa ini saya harap dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan menambah khazanah ilmu pengetahuan kita,” ujarnya.

============================================================
============================================================
============================================================