Kebakaran Hanguskan Hutan di Lereng Gunung Lawu

Kebakaran Hanguskan Hutan di Lereng Gunung Lawu

BOGOT-TODAY.COM – Telah terjadi kebakaran yang menghanguskan lahan hutan di lereng Gunung Lawu. Kebakaran kali ini melanda petak 42-1 RPH Tlogodringo, sisi utara wilayah Desa Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Rabu (30/8/2023).

Diketahui terjadinya insiden kebakaran hutan ini pertama kali pada pukul 09.30 WIB hingga meluas pada sore hari pukul 15.00 WIB, Kepolisian bersama TNI, Perhutani, BPBD serta relawan telah mengecek ke lokasi terjadinya kebakaran.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pelaku Tawuran di Bogor, Bacok Pengendara Lain

Untuk memadamkan api, beberapa relawan gotong-royong sejak Rabu sore hari hingga malam. Lantaran kondisi medan dan cuaca tidak mendukung, akhirnya personel ditarik dari lokasi kebakaran tersebut.

Kebakaran lahan hutan lereng Gunung Lawu saat ini tengah dilakukan pemadaman api secara manual. Agar api tak meluas, penyekatan titik api dilakukan. Penyekatan titik api ini dilakukan agar kebakaran tak kian luas. Hal itu dikatakan Asper BKPH Lawu Utara, Sartono.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Tempat Olahraga Golf Favorit di Bogor, Dijamin Sejuk

“Puluhan personel gabungan dari BKPH Lawu Utara, KSKPH Surakarta, Polsek Tawangmangu, LMDH Dono Lestari, MPA Singo Lawu, Babinsa dan masyarakat sekitar hutan tengah melakukan penyekatan dengan peralatan seperti cangkul, sabit dan parang,” katanya.

Dia menyebutkan, lahan yang terbakar terdeteksi di petak 42-1 RPH Tlogodringo BKPH Lawu Utara. Luas lahan di lereng Gunung Lawu yang terbakar 9 hektare.

============================================================
============================================================
============================================================