Indonesia Targetkan Medali Emas Asian Games 2023 dari Sembilan Cabor

Indonesia targetkan medali emas dari 9 cabor di Asian Games 2023. (Twitter @ifsclimbing)

BOGOR-TODAY.COM – Kemenpora telah merilis jumlah atlet Indonesia yang akan tampil di Asian Games 2023 dan menetapkan 9 cabang olahraga (cabor) ditarget meraih medali emas.

Pada 1 September lalu, Menpora Dito Ariotedjo bersama perwakilan KONI, KOI, dan tim review mengumumkan Indonesia akan tampil di 31 cabor dengan jumlah atlet sebanyak 415 dan ofisial 161.

Dari 31 cabor tersebut target medali emas yang ingin dicapai adalah 12. Menpora tidak memperinci 12 medali itu dari nomor perlombaan mana saja, tetapi disebutkan dari sembilan cabor.

Kesembilan cabor tersebut adalah badminton, dragon boat, jujitsu, kurash, karate, sepak takraw, panjat dinding, angkat besi, dan wushu. Namun cabor lainnya tetap didorong meraih emas juga.

BACA JUGA :  Diduga Cabuli Siswi, Ibu Guru di Natuna Ditangkap Polisi

“Targetnya di 12 besar dengan 12 medali emas. Kita akan mengirim 415 atlet, 161 ofisial, dan tampil di 31 cabang olahraga,” ujar Menpora Dito dalam konferensi pers di Kemenpora pada Jumat (1/9).

Selama penyelenggaraan Asian Games sejak 1951 di New Delhi, India, kontingen Indonesia telah membukukan 91 emas. Kontingen Indonesia pertama kali meraih medali emas pada 1962 di Jakarta.

Badminton menjadi penyumbang medali emas terbanyak, yakni 28, disusul tenis dengan 15 emas, dan pencak silat sebanyak 14. Cabor terakhir tidak akan dipertandingkan di Hangzhou, China.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 5 Mei 2024

Untuk Asian Games 2023 medali emas masih diharapkan bersumber dari badminton. Setidaknya nomor ganda putra menjadi andalan karena saat ini dihuni beberapa atlet papan atas dunia.

Dragon boat masuk daftar calon peraih medali emas karena berprestasi dalam ajang World Dragon Boat Championship 2023 pada Agustus lalu. Nomor andalan Indonesia adalah Mixed 22 Crews Open 1000m.

============================================================
============================================================
============================================================