Fenomena Kemunculan Tornado Api Usai Terbakarnya Savana Gunung Bromo

Penampakan Tornado Api di Gunung Bromo. (Sumber: Instagram)

BOGOR-TODAY.COM – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Blok Savana dan Bukit Teletubbies di Gunung Bromo masih belum bisa dipadamkan.

Baru-baru ini, api terbawa oleh pusaran angin dan membentuk ‘tornado api‘ di lokasi-lokasi tersebut.

Menurut Hendra, juru bicara Balai Besar Taman Nasional Tengger Bromo Semeru (BBTNBTS), fenomena ini terjadi, pada Minggu (10/9/2023) kemarin.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Mobil Warga Karangasem, 4 Armada Dikerahkan

“Memang kemarin pada saat kebakaran di savana terjadi angin yang cukup besar hal ini terjadi saat hari sedang panas dan kering saat musim kemarau, bentuknya seperti pusaran,” kata Hendra seperti dikutip CNNIndonesia, Senin (11/9/2023).

Munculnya pusaran angin itu sebenarnya adalah kejadian yang biasa terjadi di wilayah Gunung Bromo. Kebetulan, fenomena itu kini muncul bersamaan dengan kejadian karhutla.

BACA JUGA :  Sandwich Salad Tuna, Menu Sarapan yang Simple Dijamin Keluarga Suka

“Dalam kondisi normal fenomena tersebut merupakan fenomena alam yang kadang terjadi di kawasan lautan pasir. Kebetulan angin besar tersebut kemarin tepat berputar di titik api kebakaran,” ucapnya.

Peristiwa itu hanya terjadi sesaat. Namun, kata Hendra, pusaran angin itu sempat membawa api dan menerpa vegetasi di sekitarnya.

============================================================
============================================================
============================================================