Universitas Pakuan
Ribuan mahasiswa Universitas Pakuan tahun akademik 2023/2024 menggelar Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tahun 2023 di Lapangan Asrama Pusdikzi, Lawang Gintung, Kota Bogor. Foto : Unpak.ac.id

BOGOR-TODAY.COMUniversitas Pakuan telah mengadakan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tahun 2023 di Lapangan Asrama Pusdikzi, Lawang Gintung, Kota Bogor. Untuk pelaksanaan PPBN dalam tahun akademik 2023/2024 ini, Unpak bekerja sama dengan Pusdikzi PUSZIAD TNI AD.

Kegiatan PPBN tahun 2023 ini memiliki tema “Menguatkan Inovasi untuk Memperkuat Ketahanan Nasional” dan diikuti oleh 2.827 mahasiswa baru Unpak.

Jumlah mahasiswa baru Unpak ini terbagi dalam beberapa fakultas, termasuk Fakultas Hukum (FH) dengan 305 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan 752 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 191 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) dengan 577 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) dengan 231 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan 477 mahasiswa, Sekolah Pascasarjana dengan 189 mahasiswa, dan Sekolah Vokasi dengan 105 mahasiswa.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Senin 24 Juni 2024

Rektor Unpak, Prof. Didik Notosudjono, menyatakan bahwa dalam era globalisasi, Indonesia dihadapkan pada banyak tantangan. Oleh karena itu, penting bagi semua anak bangsa, terutama generasi muda, untuk memiliki pemahaman yang sama tentang kesadaran berbangsa dan bernegara. Rektor menekankan bahwa tanpa kesadaran ini, bangsa Indonesia berisiko menghadapi kondisi yang tidak menguntungkan dan kesulitan bersaing secara internasional.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Minta APDESI Andil Perkuat Tata Kelola Pemerintahan Desa

“Jika rakyat Indonesia tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka ini merupakan bahaya besar yang mengakibatkan bangsa ini akan jatuh ke dalam kondisi yang tidak menguntungkan, terutama dalam menyiapkan diri dari gangguan luar dan dalam menghadapi daya saing bangsa secara internasional,” kata rektor saat upacara pembukaan PPBN 2023.

Selain itu, rektor juga menyoroti salah kaprah masyarakat yang menganggap bela negara hanya berkaitan dengan militer dan aparat pemerintah. Menurutnya, bela negara adalah tanggung jawab bersama semua warga negara sebagai bagian dari bangsa ini.

======================================
======================================
======================================