Akses timur Stadion Pakansari
Pembangunan Akses timur Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COMAkses timur Stadion Pakansari tengah dalam proses pengembangan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Cibinong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, mengungkapkan bahwa rencana pembangunan jalan timur menuju gerbang Stadion Pakansari telah ada sejak masa kepemimpinan Bupati Bogor, Agus Utara Effendi.

“Kami telah memiliki siteplan untuk Stadion Pakansari seluas 60 hektar ini, dan ini telah ada sejak era Bupati seperti Agus Utara, Rachmat Yasin, atau Nurhayati,” kata Burhanudin pada Senin (18/9/2023).

Burhanudin menjelaskan bahwa pengembangan akses timur ke Stadion Pakansari saat ini dilakukan oleh dua perusahaan swasta, yaitu PT Dastra dan PT IRMC.

BACA JUGA :  Kecelakaan Jatuh dari Motor, 2 Gadis di Lombok Tengah Tewas Terlindas Truk

“Kami tidak memiliki dana untuk membangunnya, tetapi kami sedang berusaha mendekati pemilik lahan dengan bantuan instansi terkait,” jelasnya.

Kedua perusahaan swasta yang sedang melakukan pembangunan tersebut juga merupakan pemilik lahan menuju gerbang timur Stadion Pakansari.

“Kami bersyukur mereka bersedia membuka lahan tersebut dan membiayai pembangunan serta jembatannya. Ini adalah partisipasi yang patut diapresiasi dari masyarakat,” tandasnya.

Selanjutnya, Burhanudin menjelaskan bahwa rencana siteplan untuk pintu masuk dan keluar Stadion Pakansari yang memiliki standar internasional akan mencakup empat arah, yaitu Barat, Timur, Utara, dan Selatan.

“Dalam siteplan tersebut, akan ada empat pintu masuk ke Pakansari, yaitu dari Timur, Barat, Utara, dan Selatan. Saat ini, yang sudah ada hanya dua, yaitu dari Utara dan Selatan. Pintu dari Barat dan Timur belum dibangun,” terangnya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Senin 27 Mei 2024

Meski begitu, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama dengan pihak ketiga baru saja mengumumkan pembebasan lahan di sekitar wilayah timur hingga Jalan Raya Jakarta-Bogor.

“Saat ini, mereka baru sampai pada tahap pembukaan lahan dan belum membuat siteplan, sejauh yang saya ketahui. Namun, hal ini akan disesuaikan dengan perkembangan proyek, dan kami mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil,” pungkasnya. ***

Penulis : Mutia Dheza Cantika

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================