Penggunaan Bus Tanpa Awak di IKN Kini Tahap Uji Coba

Ilustrasi Bus Tanpa Awak.

BOGOR-TODAY.COM – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap melakukan uji coba penggunaan bus tanpa awak di ibu kota baru Indonesia sehingga nantinya siap beroperasi penuh saat IKN mulai dihuni.

“Untuk kebijakan pengendalian dan pengoperasian dari transportasi bus tanpa awak, itu akan kita coba, mulai uji coba,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (18/9/2023).

Setidaknya ada lima hal yang jadi fokus dalam pengembangan smart city IKN di 2024. Pertama adalah kebijakan pengembangan ekosistem digital, meliputi SOP pemeriksaan bangunan cerdas dan kebijakan pengelolaan kota cerdas di IKN, Kemudian, kebijakan pengendalian dan pengoperasian kendaraan listrik, dan kebijakan pengendalian dan pengoperasian kendaraan darat tanpa awak (autonomus vehicle).

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Kedua, kebijakan transformasi hijau, meliputi kebijakan infrastruktur energi, kebijakan keamanan dan keandalan jaringan listrik, dan kebijakan smart natural resource and energy management system di IKN.

Ketiga, kebijakan data dan kecerdasan buatan, meliputi kebijakan SPBE, kebijakan turunan Perpres tentang Satu Data, dan kebijakan tata kelola TI di IKN. Kemudian yang keempat adalah sistem informasi kawasan IKN, yakni pengembangan software untuk keenam lingkup pengembangan kota cerdas dalam pengelolaan kota dan OIKN. Terakhir, kolaborasi dengan investor dan teknologi.

BACA JUGA :  Rekonsiliasi Tokoh Politik Bumi Tegar Beriman, Jelang Pilkada 2024 Pajeleran dan Bilabong Kian Harmonis

“Diharapkan nanti dengan uji coba yang mumpuni kita dalam 2-3 tahun kita akan bisa menerapkan teknologi-teknologi ini,” ujarnya.

============================================================
============================================================
============================================================