22 september 2023

BOGOR-TODAY.COM – Tanggal 22 September 2023 merupakan Hari Menara Suar Nasional ke-9 yang diperingati bersamaan dengan Hari Maritim Nasional ke-59, yang akan dirayakan pada tanggal 23 September 2023.

Indonesia, sebagai negara maritim besar dengan puluhan ribu pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke, memiliki lebih dari ratusan menara suar yang tersebar di seluruh wilayahnya.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Tempat Olahraga Golf Favorit di Bogor, Dijamin Sejuk

Keberadaan menara suar memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia, sekaligus mendukung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menara suar, atau mercusuar, adalah sarana bantu navigasi pelayaran tetap yang bersuara dan memiliki jarak tampak setidaknya 20 mil laut.

Fungsi utamanya adalah membantu navigator dalam menentukan posisi dan haluan kapal, menunjukkan arah daratan, serta menandakan adanya pelabuhan. Menara suar juga dapat berperan sebagai penanda batas wilayah negara.

BACA JUGA :  Sambut HUT Lorin Sentul Hotel ke-13, Beragam Kegiatan Sukses di Gelar

Data dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada tahun 2022 mencatat bahwa Indonesia memiliki 285 Menara Suar yang dikelola oleh 25 Kantor Distrik Navigasi.

============================================================
============================================================
============================================================