kereta cepat Jakarta-Bandung
Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa.

BOGOR-TODAY.COM – Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengungkapkan, kereta cepat Jakarta-Bandung siap beroperasi setelah melewati dua tahap uji coba.

Eva menyebutkan, kereta cepat bernama “Whoosh” ini bakal beroperasi secara komersial pada Oktober 2023. Namun, untuk kepastian jadwal operasional kereta cepat masih menunggu pemerintah.

“Untuk operasional kita akan Informasikan selanjutnya. Kita lihat ketentuan dan arahan dari pemerintah. Kita harapkan bisa beroperasi mulai Oktober untuk komersial,” kata Eva saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (25/9/2023)

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, 14 Mei 2024

Sebelum beroperasi, uji coba kereta cepat dilakukan lebih dahulu dalam dua tahap. Uji coba tahap pertama telah berlangsung pada 15-24 September. Sementara itu, uji coba tahap kedua dijadwalkan 25-30 September.

Eva mengatakan, antusiasme masyarakat untuk menjajal kereta cepat sangat tinggi. Pada tahap pertama, penumpang menyentuh angka 35.000.

“Seperti tanggal 15 sampai tanggal 24 kita sudah mengangkut sekitar 35.000 masyarakat. Nah, untuk saat ini (tahap 2) sama alokasinya per hari kita mengalokasikan sampai dengan 4.000 penumpang ya. Jadi satu perjalanan itu bisa sekitar 600 penumpang,” kata Eva.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

Ia menegaskan, tidak ada evaluasi besar selama masa uji coba kereta cepat. Oleh karena itu, kereta cepat dalam waktu dekat sudah siap dioperasikan.

============================================================
============================================================
============================================================