Demi Dapat Air Bersih, Warga Kalipancur Pekalongan Berjalan 5 Km Gegara Kekeringan Ekstrem

Warga Kalipancur Pekalongan Berjalan 5 Km Gegara Kekeringan Ekstrem

BOGOR-TODAY.COM – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pekalongan mengalami kekeringan ekstrem sehingga sumur milik warga kering dan tidak bisa dipakai membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa harus berusaha mencari pasokan air. Seperti yang dilakukan oleh para warga di Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Untuk mengambil air dari sumber air yang berada di kawasan perbukitan, mereka harus menempuh perjalanan sekitar lima kilometer. Warga harus berjalan melewati bebatuan pegunungan yang terjal.

BACA JUGA :  Puskesmas Cariu Luncurkan Pos Katak Untuk Turunkan Angka Kebutaan Akibat Katarak

Mata air ini menjadi satu-satunya sumber air yang bisa dimanfaatkan warga. Setiap warga biasanya mengambil air dengan alat jeriken atau ember sesuai kebutuhan masing-masing.

“Dari pagi sampai petang, para ibu-ibu juga bapak  berebut sumber air di perbukitan ini untuk memasak,” kata Caswadi, Senin (16/10).

BACA JUGA :  Kecelakaan Minibus di Bantul Diduga Rem Blong, Belasan Penumpang Luka-Luka 

Namun ada sebagian warga harus membeli, karena tak  mampu jalan jauh. Pasalnya, kiriman air bersih gratis dari pemerintah sangat kurang, sehingga sangat menyulitkan warga.(NET*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================