Jelang Pemilu 2024, Pemkab Bogor Lakukan Berbagai Upaya Preventif untuk Pengamanan

pemilu

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah melakukan berbagai upaya preventif terkait pengamanan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bogor, agar berjalan lancar dan aman. Untuk diketahui, Kabupaten Bogor adalah penyelenggara Pemilu terbesar se-Indonesia tingkat kabupaten/kota.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin saat mewakili Bupati Bogor pada Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi “Mantap Brata Lodaya 2023-2024” dalam rangka pengamanan Pemilu, di Aula Sanika Satyawada Polres Bogor, Cibinong.

Hadir pada rakor tersebut, Kapolres Bogor, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Komandan Sub Kogartap 0606/Bogor, perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor dan Pengadilan Negeri Cibinong, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Kasat Pol PP, beserta jajaran Kapolsek.

BACA JUGA :  Bakwan Jagung Udang, Menu Makan Sederhana yang Praktis

Sekda Burhanudin mengungkapkan, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak kurang lebih 3,88 juta jiwa dan tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 15.228 yang tersebar di 435 desa dan kelurahan di 40 kecamatan. Untuk itu, diperlukan manajemen pengamanan yang terpadu dan komprehensif agar penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung aman, lancar, kondusif, berkualitas dan berintegritas.

“Terkait upaya pengamanan Pemilu, Pemkab Bogor telah melakukan berbagai upaya preventif, diantaranya menyiapkan dukungan anggaran dalam bentuk hibah operasional dan hibah pengamanan Pemilu,” ungkap Burhanudin.

BACA JUGA :  Menu Bekal Simple dengan Ayam Tumis Saus Madu yang Lezat dengan Bumbu Meresap

Selanjutnya, kata Burhanudin, membentuk desk Pemilu tahun 2024, melaksanakan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula melalui program Forkopimda Goes To School. Serta membentuk kesepakatan mitra strategis dengan berbagai organisasi kemasyarakatan untuk mendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Pemkab Bogor juga memberikan penyuluhan terhadap unsur PPS dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan anggota Satlinmas se-Kabupaten Bogor sebagai garda pengamanan yang akan turun langsung menjaga situasi di setiap TPS,” ujar Burhanudin.

============================================================
============================================================
============================================================