Pembangunan Sekolah Satu Atap Green Building di Kota Bogor, Sekda Harap Jadi Percontohan Trias UKS

Sekolah Satu Atap di Kota Bogor yang menggunakan konsep green building.

BOGOR-TODAY.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah meninjau progres pembangunan tahap akhir Sekolah Satu Atap (Satap) yang akan digunakan sebagai sekolah SDN Kencana 4 dan SMPN 21 Kota Bogor di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (17/10/2023).

“Sekolah ini konsepnya green building, green school sekolah hijau. Akan ada penanaman vegetasi di luar bangunan dan harus bagus. Selain itu juga di dalam ruangan di selasar kemudian di rooftop yang akan menjadi tempat olahraga dan upacara akan dibuat vertical garden,” katanya di sela-sela tinjuan.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Berlaga di Olimpiade Paris 2024

Menggunakan konsep green building Satap Kencana ini akan menggunakan solar cell untuk menghemat energi. Selain itu Sekda Syarifah juga meminta agar sekolah ini tidak hanya ramah lingkungan (Green Building) tapi juga sebagai sekolah percontohan trias UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) sebagai upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 23 Juli 2024

Diantaranya Pendidikan Kesehatan, pembiasaan PHBS pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan Sekolah Sehat.

“Karena sudah dibangun gedung sangat bagus, jadi manajemennya juga harus bagus menjadi sekolah percontohan UKS melalui penerapan trias UKS, dari mulai tempat cuci tangan, toilet terpisah, ruang UKS terpisah, kantin sehat, pelayanan kesehatan dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan begitu lanjut Sekda, siswa bisa mengakses layanan kesehatan jika sakit, mendapat materi tentang kesehatan lingkungan dan jajan di kantin sehat.

======================================
======================================
======================================