Jika pengguna mencurigai aktivitas yang mencurigakan, segera ambil tindakan, seperti mengganti kata sandi dan keluar dari semua perangkat yang digunakan.

Disarankan untuk secara rutin memeriksa aktivitas akun, terutama setelah mengganti kata sandi atau melakukan perubahan keamanan, untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan dan mengambil tindakan sebelum akun diretas.

  1. Penambahan Email Pemulihan

Menambahkan email pemulihan (recovery email) adalah langkah lain untuk mengamankan akun Google. Ini memberikan alternatif akses ketika pengguna lupa kata sandi atau menghadapi masalah dengan akses akun utama.

Email pemulihan adalah alamat email cadangan yang juga digunakan untuk mengatur ulang kata sandi. Pastikan email pemulihan tetap aktif dan dapat diakses.

  1. Pengelola Kata Sandi

Mengelola banyak akun dan kata sandi dapat menjadi tugas yang rumit. Gunakan pengelola kata sandi terpercaya, seperti 1Password, LastPass, atau KeePass, untuk membantu menjaga keamanan dan keteraturan akun Google dan akun online lainnya. Ini akan membantu melindungi akun dari peretasan.

  1. Pembaruan Perangkat Lunak
BACA JUGA :  Ruang Baca dan Auditorium di Perpustakaan Kota Bogor Gunakan Nama Tokoh

Rutin melakukan pembaruan perangkat lunak, termasuk sistem operasi, dapat membantu menjaga keamanan akun Google. Perangkat lunak yang diperbarui memiliki perbaikan keamanan yang dapat melindungi pengguna dari potensi peretasan.

  1. Aktivasi Pemberitahuan Keamanan

Menyalakan pemberitahuan keamanan memberikan informasi dan notifikasi penting tentang aktivitas yang terkait dengan akun. Hal ini memungkinkan deteksi cepat dan tindakan saat ada kejanggalan atau aktivitas mencurigakan.

Pastikan untuk mengaktifkan pemberitahuan untuk aktivitas yang dianggap penting atau mencurigakan, seperti upaya masuk ke akun atau perubahan kata sandi. Pemberitahuan keamanan adalah lapisan pertahanan kunci untuk menjaga keamanan akun Google.

  1. Hindari Jaringan WiFi Publik yang Tidak Aman
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Sabtu 18 Mei 20249

Jaringan WiFi di tempat umum bisa rentan terhadap potensi peretasan karena beberapa titik akses tidak dienkripsi. Ini memungkinkan peretas untuk mencuri kata sandi Google dengan teknik seperti packet sniffing, yang memantau lalu lintas data melalui jaringan.

Untuk menghindari risiko ini, pastikan hanya menggunakan jaringan WiFi yang aman dan terenkripsi. Jika perlu menggunakan WiFi publik, gunakan Virtual Private Network (VPN) untuk melindungi data sandi akun Google dan membuat koneksi lebih pribadi.  ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================