Pemerintah Cairkan BLT El Nino pada November Hingga Desember

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. (Tangkapan layar Youtube Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

BOGOR-TODAY.COM – Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino untuk masyarakat. BLT itu diberikan karena ada fenomena El Nino yang menyebabkan kekeringan.

Jokowi mengatakan, BLT El Nino diberikan dengan harapan daya beli masyarakat tidak turun. Bantuan itu akan cair pada November hingga Desember 2023.

“Karena ada super El Nino dan kita tau ini jangan sampai mengurangi daya beli rakyat, daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember, Rp200 ribu, Rp200 ribu, (total) Rp400 ribu,” ujar Jokowi dalam keterangannya, dikutip Kamis (26/10/2023).

BACA JUGA :  Dijamin Nambah Napsu Makan, Ini Dia Resep Sambal Cumi Asin dan Petai yang Lezat dan Sedap

Secara terpisah, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan BLT El Nino ini akan diberikan selama 2 bulan yakni November-Desember. Setiap KPM akan mendapatkan BLT sebesar Rp200 ribu per bulan sejak November. Sehingga, penerima KPM akan menerima bantuan sebesar Rp400 ribu hingga Desember.

BACA JUGA :  Bekal Sekolah dengan Sosis Dadar Nori yang Simple dan Sederhana

“Sehingga Kemensos, Bu Risma (Menteri Sosial) dalam hal ini, diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM (keluarga penerima manfaat) yang sudah ada daftar nama, alamat, dan nomor account-nya,” ucap Sri Mulyani.

Pemerintah mengeluarkan anggaran untuk BLT El Nino sebesar Rp7,52 triliun.

============================================================
============================================================
============================================================