potensi cuaca ekstrem
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, banjir, dan longsor dalam waktu dekat.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyampaikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia memiliki potensi cuaca ekstrem selama masa transisi atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

“Selama masa peralihan, cuaca ekstrem dapat terjadi, termasuk hujan deras, kilat, angin kencang, dan bahkan hujan es,” tutur Dwikorita dikutip dari cnbc Indonesia, Rabu (1/11/2023).

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Menurutnya, perubahan cuaca biasanya ditandai dengan pola cuaca yang berubah, seperti cuaca cerah di pagi hari, berawan di siang hari, dan hujan mendekat pada sore atau malam hari. Variasi arah angin juga dapat menyebabkan perubahan cuaca yang tiba-tiba.

“Hujan berkepanjangan dapat memicu bencana hidrometeorologi basah, termasuk banjir bandang dan longsor. Oleh karena itu, bagi warga yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor, diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati,” katanya.

BACA JUGA :  Sambut HUT ke-13, Lorin Sentul Hotel Gelar Turnamen Futsal Antar Hotel dan Restoran se-Jabotabek

Lebih lanjut, Dwikorita meminta masyarakat untuk memahami cara menghadapi risiko bencana seperti banjir dan longsor selama musim hujan serta selalu memantau peringatan dini dari BMKG.

============================================================
============================================================
============================================================