VAR dan Teknologi Garis Gawang Sudah Terpasang di Venue Piala Dunia U-17 Indonesia

Video Assistant Referee (VAR).

BOGOR-TODAY.COM – Presiden PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa peralatan video assistant referee (VAR) telah dipasang di semua venue Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Teknologi garis gawang juga sudah terpasang di Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Artinya, VAR dan teknologi garis gawang sudah bisa digunakan dengan baik sejak awal babak penyisihan grup. Dengan adanya dua teknologi ini, wasit dapat membuat keputusan yang lebih valid.

“Sudah, sudah dipasang. Kan Piala Dunia U-17 sudah mau main,” kata Erick Thohir di Jakarta, pada Rabu (8/11/2023).

Erick juga menyatakan kalau hadirnya VAR di Piala Dunia U-17 sekaligus menjadi uji coba sebelum diterapkan di Liga 1. Pun, sistem yang digunakan di kompetisi lokal nanti akan serupa.

BACA JUGA :  Roberto Callieri Jadi Komisaris Utama Hasil RUPST, Indocement Bakal Bagikan Dividen Rp308 Miliar

“Ini sistemnya sama yang akan dipakai di liga pada Februari (2024). Jadi, karena sistemnya sama, kita manfaatkan trial and error-nya di sini (Piala Dunia U-17),” ujar Erick.

FIFA juga mengasah ketajaman wasit Piala Dunia U-17 dalam menggunakan VAR. Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, mengatakan bahwa latihan itu digelar sejak 4 November 2023 hingga menjelang turnamen bergulir.

“Dari tanggal 4, setiap hari mereka latihan terus sampai nanti (pertandingan dimulai). Jadi setiap kali mereka dikerahkan, mereka kembali ke base camp, mereka bertugas, mereka dikerahkan lagi, lalu mereka kembali kembali lagi. Jadi pelatihan ini intensif,” kata Tisha kepada awak media.

BACA JUGA :  Sambut HUT ke-13, Lorin Sentul Hotel Gelar Turnamen Futsal Antar Hotel dan Restoran se-Jabotabek

Lebih lanjut, menurut Erick, terpasangnya VAR dan Goal Line Technology menjadi bukti bahwa kesiapan Piala Dunia U-17 sudah mencapai 100 persen. Pun, PSSI belum mendapatkan komplain sebiji pun dari FIFA maupun tim peserta.

“Sejauh ini bagus. Semua happy dan tidak ada komplain . Besok malam, tanggal 8 saya ada makan malam khusus sama Presiden FIFA (Gianni Infantino) untuk me-review akhir kalau memang ada masukan dari top level FIFA,” ujar Erick.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================