Akpol
Pelaku penipuan masuk Akademi Kepolisian (Akpol) diciduk Polres Metro Depok.

BOGOR-TODAY.COM – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Depok menangkap seorang pelaku penipuan dengan modus klaim dapat membantu masuk Akademi Kepolisian (Akpol).

Pelaku yang diketahui berinisial DY (31), meminta korban untuk memberikan uang sejumlah Rp 1,6 miliar. Korban diminta memberikan uang tersebut baik secara tunai senilai Rp 300 juta maupun melalui transfer dalam tiga termin.

Melansir beritasatu.com, Wakasat Reskrim Polres Metro Depok, AKP Markus Simaremare, mengungkapkan bahwa kasus ini terbongkar setelah korban tidak lulus dalam seleksi Akpol tahun 2022.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Bercelana Motif Loreng Gegerkan Kolaka

Meskipun sebelumnya korban menerima telegram yang menyatakan bahwa anaknya lulus seleksi Akpol pada tahun tersebut.

“Korban, dengan inisial TH, menjadi curiga setelah memeriksa nama anaknya dalam seleksi Akpol dan menemukan bahwa nama tersebut tidak terdaftar. Telegram tersebut ternyata palsu, dan kasus ini dilaporkan ke Polres Metro Depok,” kata Markus Simaremare, Jumat (10/11/2023).

BACA JUGA :  Kecelakaan Gadis Pengendara Motor di Grobogan Jadi Korban Tabrak Lari Truk Batu Bara

Pelaku dan korban awalnya tidak memiliki hubungan sebelumnya. Mereka berkenalan melalui seorang teman pelaku. Untuk meyakinkan korban, DY mengklaim memiliki kenalan dengan seorang jenderal di Mabes Polri.

“Dia meyakinkan orang tua korban dan menyatakan seolah-olah dia memiliki kenalan di Mabes Polri, sehingga korban bersedia mentransfer sejumlah uang kepada tersangka,” jelas Simaremare.

======================================
======================================
======================================