ponsel
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Hindari 5 kebiasaan ini yang tanpa disadari sering kali dilakukan, namun justru dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel Anda.

Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang kurang tepat dapat mengakibatkan penurunan kinerja ponsel. Hal ini mulai dari daya tahan baterai hingga masalah pada perangkat lunak.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari, seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (17/11/2023).

  1. Menggunakan Kabel Charger Murah

Salah satu kebiasaan umum yang sering dilakukan pengguna adalah membeli kabel pengisi daya yang murah dan tidak memiliki merek terkenal.

BACA JUGA :  Roberto Callieri Jadi Komisaris Utama Hasil RUPST, Indocement Bakal Bagikan Dividen Rp308 Miliar

Tidak hanya soal produsen terpercaya seperti Anker atau kabel yang bersertifikasi Made For iPhone, melainkan kabel USB tanpa merek yang dijual dengan harga terjangkau, sekitar Rp 10 ribuan.

Sebagian besar dari kabel semacam ini dapat merusak ponsel secara permanen. Sebaiknya pilih pengisi daya yang asli atau dari merek terkemuka yang menjamin kualitasnya.

  1. Tidak Menggunakan Casing

Meskipun Anda mungkin menyukai tampilan ponsel tanpa casing karena terlihat lebih bersih, risikonya tidak sebanding. Bahkan serpihan kecil atau retakan dapat merusak integritas struktural dan meningkatkan kemungkinan kerusakan yang lebih besar.

BACA JUGA :  Warga di Kota Madiun Diserang Sekelompok OTK, 7 Orang Luka

Selain itu, retakan kecil tersebut dapat merugikan nilai jual kembali saat Anda ingin menjual ponsel sebelum melakukan upgrade.

Jika Anda benar-benar ingin menjaga tampilan “telanjang” pada ponsel, bersiaplah untuk mengeluarkan biaya perbaikan jika terjadi kerusakan.

  1. Terlalu Sering Membuang Daya Baterai

Daya tahan baterai ponsel akan berkurang seiring penggunaan, dan setelah beberapa tahun, daya tahan baterai tidak akan seoptimal saat perangkat masih baru.

Meskipun hal ini tidak dapat dihindari, kebiasaan buruk dapat mempercepat penurunan kualitas baterai dan mempersingkat umur pakainya.

============================================================
============================================================
============================================================