musim hujan
Ilustrasi/freepik.com

BOGOR-TODAY.COMMusim hujan menyebabkan kondisi jalan lembab dan basah. Para pengendara roda dua harus lebih hati-hati ketika menghadapi kondisi jalan tidak kering, sebab traksi ban akan berkurang.

Anda pengendara sepeda motor pun diminta bijak memelintir selongsong gas saat menaklukkan kuda besi di jalanan basah yang cenderung licin dan menimbulkan ban selip.

Ada baiknya sebelum menerjang jalanan yang basah dan licin akibat hujan, kita memahami langkah-langkah yang aman sebagai berikut:

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 23 April 2024

Jaga jarak

Yang pertama-tama penting untuk diingat adalah untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Soalnya, kalau si pengendara di depan mengerem mendadak, Anda pun masih punya cukup waktu untuk ikut mengerem. Jangan lupa, ini skenario ketika jalanan basah dan licin. Jadi, Anda harus ekstra jaga jarak.

Hidupkan lampu utama

Apabila motor kesayangan Anda masih memakai sistem manual, selalu nyalakan lampu depan motor ketika hendak berkendara di jalanan yang licin. Namun pada motor keluaran baru, biasanya lampu depan akan langsung menyala ketika mesin dihidupkan.

BACA JUGA :  Jadwal Tim Bulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024 Hari Ini

Menyalakan lampu utama ini penting untuk mengantisipasi kondisi jalanan di depan. Selain itu, pengendara lain juga terbantu untuk melihat keberadaan Anda.

Pastikan kondisi ban

============================================================
============================================================
============================================================