Dampak Longsor Batutulis, Tirta Pakuan Ikhtiar Pulihkan Air ke Ujung Barat Kota Bogor

Direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor meninjau lokasi longsor di Jalan Batutulis.

BOGOR-TODAY.COM – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil merelokasi sementara pipa PVC ukuran 12″ di Batutulis, pada Minggu (19/11/2023) sore.

Namun hingga Selasa ini (21/11/2023), pihak Tirta Pakuan masih terus berupaya untuk memulihkan aliran air ke titik terjauh di wilayah Bogor Barat, yaitu Balumbang Jaya, Situ Gede dan Bubulak.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf mengatakan, saat ini petugas PDAM Tirta Pakuan sedang membuka hidran dan keran wash out untuk membuang angin yang terjebak di dalam pipa tersebut.

BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Takluk dari Jepang

“Jadi kegiatan relokasi pipa PVC 12″ di Batutulis, Alhamdulillah kami sudah melewati kejadian longsor yang sangat mempengaruhi wilayah zona 3B yaitu kurang lebih ada 10 kelurahan yang terganggu. Di wilayah Bogor Barat itu ada 30 ribu pelanggan yang sempat terhenti pelayanan air bersihnya,” ungkap Ardani kepada wartawan, Selasa (21/11/2023) siang.

Ardani menerangkan, yang paling krusial untuk zona 3B adalah recovery yang memakan waktu lama di wilayah Balumbang Jaya, sebagai wilayah paling ujung zona 3B.

BACA JUGA :  Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 1 Mei 2024

“Jadi perlu kami sampaikan pipa PVC 12″ itu melalui inline pump sehingga melalui beberapa wilayah yang tentunya sangat lama dalam hal normalisasi pengaliran,” terangnya.

Ardani menjelaskan, karena ada tiga wilayah khusus di Bogor Barat sebagai wilayah paling ujung, yaitu Situ Gede, Balumbang Jaya, kemudian ada sebagian wilayah Bubulak.

============================================================
============================================================
============================================================