Mahasiswa se-Nusantara Belajar Keberagaman ke Kota Bogor

Selanjutnya Bima Arya juga memaparkan terkait penyelesaian-permasalahan gereja Yasmin yang saat itu membuat Kota Bogor dicap sebagai kota intoleran.

“Saya gak terima, karena Bogor itu DNA-nya DNA yang cinta keberagaman dari masa ke masa. Ada vihara, ada gereja, ada masjid di pusat kota dan semua berdampingan terus,” katanya.

Sebagai wali kota, Bima Arya pun berhati-hati dan mencari akar permasalahannya yang kemudian dilakukan berbagai dialog dan diskusi dengan membuka semua opsi penyelesaian, hingga akhirnya persoalan gereja Yasmin selesai dengan dihibahkannya lahan dari Pemerintah Kota (Pemkot) untuk membangun gereja.

Menutup sesi pemaparannya, Bima Arya menyampaikan bahwa Pemkot bersama unsur Forkopimda dan berbagai stakeholder secara bertahap mengirimkan pesan kepada semua penduduk bahwa semua berdiri untuk melayani semua tanpa terkecuali, karena ini kota untuk semua.

BACA JUGA :  Diduga Tenggak Cairan Pembersih Lantai, Wanita Paruh Baya di Mentok Tewas

Kedatangan para mahasiswa dari berbagai wilayah ini merupakan Kunjungan Para Peserta Program pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 3 tahun 2023 di Universitas Djuanda.

Koordinator Program Pertukaran Mahasiswa dari Universitas Djuanda, La Ode Amril mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan program arahan dari pemerintah pusat melalui Kemendikbud Ristek dengan program pertukaran Mahasiswa Merdeka yang dicanangkan sejak 2020.

“Jadi sesuai instruksi pak Mendikbud Ristek yang menginstruksikan kepada seluruh universitas untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka yang salah satunya adalah melaksanakan pertukaran pelajar dimana Universitas Djuanda juga ikut berkontribusi berpartisipasi dalam program tersebut,” katanya.

BACA JUGA :  Kebakaran Rumah di Klaten Diduga Akibat Lilin, Nenek Sebatang Kara Tewas

Kegiatan ini diikuti oleh 68 mahasiswa dari 35 perguruan tinggi se-Indonesia

“Jadi mereka ini melakukan pembelajaran menetap dan tinggal di asrama selama 4 sampai 6 bulan,” katanya.

Ada berbagai kegiatan program yang diikuti, diantaranya menjaga persatuan dan kesatuan, keberagaman dan toleransi, kebhinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
======================================
======================================
======================================