Balap Pakai BMW GT, Valentino Rossi Bakal Tanding di WEC 2024

Valentino Rossi

BOGOR-TODAY.COM – Kabar gembira bagi para penggemar Valentino Rossi. Sang Legenda hidup balap MotoGP ini bakal kembali membalap di World Endurance Championship (WEC) pada 2024.

Hal ini diumumkan melalui situs resmi Federasi Automobil Internasional (FIA) pada Senin (27/11/2023) lalu.

Valentino Rossi sendiri akan turun di kelas LMGT3 bersama tim WRT dan akan mengendari mobil BMW M4 GT3. Kelas LMGT3 merupakan kelas yang dipertandingkan oleh mobil-mobil Grand Touring (GT) yang produksi massal dan dimodifikasi untuk balapan. Ia diperkirakan akan mengambil bagian dalam balapan ketahanan di Le Mans 24 Jam pada Juni 2024.

Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi, telah dikonfirmasi akan mengikuti balapan ketahanan Le Mans 24 jam yang ke-92 pada Juni 2024. Dirinya mewakili tim WRT dalam kategori baru LMGT3. Ia akan mengendari mobil BMW M4 GT3 yang telah dimodifikasi menjadi mobil balap dan menggunakan nomor 46 yang menjadi ciri khasnya selama membalap di kejuaraan dunia balap motor.

BACA JUGA :  Kevin Sanjaya Resmi Putuskan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis

Sejak memutuskan pensiun dari dunia balap motor pada 2021, Rossi berambisi untuk ikut serta dalam Le Mans 24 Jam yang merupakan salah satu kejuaraan dunia paling bergengsi. Sebelum masuk ke balapan ketahanan 2024, ia telah mengikuti ajang tahunan FIA WEC Rookie Test yang diselenggarakan pada Minggu (5/11/2023) lalu di Bahrain International Circuit. Dirinya mengaku senang bisa banting setir ke dunia balap mobil.

“Saya sangat bersemangat untuk berkompetisi di FIA WEC. Ini adalah langkah berikutnya bagi saya untuk berpartisipasi dalam kejuaraan dunia, tidak hanya di Eropa tetapi juga untuk membalap di tingkat dunia. Saya sudah terbiasa dengan mobil setelah musim ini, tetapi format dengan tiga pembalap dari tiga kategori performa yang berbeda akan menjadi hal yang baru bagi saya. Secara keseluruhan, saya yakin kami akan berada di posisi yang sangat baik,” ungkap Valentino Rossi dilansir Roadracing World.

Balapan ketahanan 2024 kelas LMGT3 akan menjadi ajang internasional pertama Valentino Rossi di balap mobil. Pembalap berusia 44 tahun ini mengungkapkan bahwa ambisi terbesarnya saat ini yaitu mengikuti WEC 2024 kelas Hypercar. Ini merupakan kategori tertinggi dalam balapan ketahanan. Dirinya kini masih menyandang sebagai pembalap mobil kategori silver dari empat kategori yang ditetapkan FIA.

============================================================
============================================================
============================================================