Cireunghas Sukabumi Diterjang Pergerakan Tanah, 1 Rumah Warga Ambruk

Cireunghas Sukabumi Diterjang Pergerakan Tanah, 1 Rumah Warga Ambruk

BOGOR-TODAY.COM – Telah terjadi bencana alam pergerakan tanah yang mengakibatkan satu rumah warga Kampung Tegalkaso, Desa Bencoy, Kecamatan Cirenghas, Kabupaten Sukabumi, ambruk rata tanah. Bencana itu juga mengancam 6 rumah lainnya. Bencana alam yang terjadi akibat curah hujan intensitas tinggi pada Jumat (1/12/2023).

Dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa. Saat kejadian, pemilik rumah sudah mengungsi karena retakan cukup besar sudah terlihat sehari sebelumnya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Para penghuni rumah yang terdampak pergerakan tanah mengungsi. Enam rumah dikosongkan. Rumah yang ambruk merupakan milik Dede Supriatna.

Menurut Dede, retakan di dinding rumah telah terjadi sehari sebelum kejadian dan terus membesar.

“Pada Jumat sore kemarin, rumah tersebut ambruk hingga rata tanah. Beruntung, keluarga dan barang sudah dipindahkan setelah mendapat imbauan dari aparat,” kata Dede Supriatna.

Sebelumnya, tanda-tanda akan terjadi bencana pergerakan tanah terlihat sejak sepekan lalu. Terdapat retakan tanah sepanjang 100 hingga 200 meter memanjang di permukiman warga dengan kedalaman satu hingga dua meter.

BACA JUGA :  Roberto Callieri Jadi Komisaris Utama Hasil RUPST, Indocement Bakal Bagikan Dividen Rp308 Miliar

“Untuk mengantisipasi agar tidak ada korban, seluruh area yang terancam pergerakan tanah sudah dipasang garis polisi,” kata Kapolsek Cireunghas Ipda Hendrayana.

Selain merusak dan merobohkan rumah, pergerakan tanah ini menyebabkan lahan pertanian rusak dan jalan lingkungan terputus.(NET*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================