Sekda Syarifah Sofiah Berbagi Cerita Soal Kota Sehat

Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

BOGOR-TODAY.COM – Kota Bogor yang diwakili Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menjadi narasumber dalam workshop 9 tatanan dan pertemuan evaluasi penyelenggaraan Kota/kabupaten sehat di Provinsi Jawa Barat tahun 2023 yang dilaksanakan di Cirebon pada Kamis (7/12/2023) sore.

Dalam workshop ini, Kota Bogor berbagi pengalaman terbaik atau sharing best practice dalam mengikuti World Health City Forum (WHCF), baik dari apa yang dipaparkan dan ilmu pengetahuan yang didapat dalam kegiatan tersebut.

Dalam workshop yang dihadiri oleh 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, Sekda Syarifah Sofiah mengatakan bahwa Kota Bogor selama tiga hari mengikuti World Health City Forum pertama di Incheon, Korea Selatan untuk berbagi pengalaman Kota Bogor dalam penyelenggaraan kota sehat, permasalahan yang dihadapi serta mendengarkan paparan terkait kondisi global, kondisi situasi kesehatan dunia.

BACA JUGA :  Festival Ayam dan Telur jadi Target Heri Antasari Turunkan Angka Stunting di Kota Bogor

Selain itu, Sekda juga memaparkan bagaimana kota-kota dunia menjaga kesehatan masyarakatnya, terlebih di Korea memiliki big data kesehatan masyarakatnya dalam satu kartu.

“Untuk Kota Bogor kita menceritakan bagaimana tentang upaya Kota Bogor menangani perubahan lingkungan untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Karena dari penjelasan para pakar kesehatan di dunia saat WHCF, saat ini yang menjadi permasalahan setiap perkotaan atau masyarakat urban adalah mengenai perubahan iklim global, pemanasan global, permasalahan lingkungan yang juga menimbulkan pola-pola penyakit baru.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 21 Mei 2024

“Untuk di Kota Bogor kita melakukan upaya pengendalian lingkungan perkotaan melalui udara bersih dengan memelihara kualitas udara melalui penataan transportasi, menjaga kualitas air dengan kebersihan sungai melalui Satgas, sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), green city memperbanyak ruang terbuka hijau, kawasan tanpa rokok, penanganan sampah dan berbagai aplikasi kesehatan,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================