Jaga Netralitas, Bawaslu Awasi ASN Se-Kabupaten Bogor

Bawaslu
Sosialisasi pengawasan netralitas ASN di kawasan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor sedang melakukan pemantauan terhadap kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh wilayah setempat dengan tujuan menjaga netralitas selama masa kampanye.

Burhanudin, Koordinator Divisi Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Bogor, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada ASN agar mereka dapat menghindari pelanggaran aturan selama proses pemilu.

“Pemanggilan camat, lurah, dan BKPSDM merupakan tindakan yang sengaja dilakukan untuk menyampaikan aturan-aturan terkait larangan kepada ASN di Kabupaten Bogor,” ungkap Burhanudin, Senin (18/12/2023).

BACA JUGA :  Asmawa Tosepu Minta Proyek “Bodong” PT Jaswita di Puncak Bogor Dihentikan

Menurutnya, langkah ini sangat penting agar ASN tidak terlibat secara langsung dalam kegiatan kampanye, seiring dengan larangan yang telah dijelaskan dalam peraturan yang berlaku.

“Ini merupakan hal yang perlu disampaikan, terutama mengingat banyak ASN di Kabupaten Bogor yang termasuk dalam kategori ASN, termasuk PPPK. Kami ingin menyampaikan aturan-aturan terkait larangan pemilu kepada mereka,” tambahnya.

Burhanudin juga mengingatkan ASN agar tidak terpengaruh atau terkendali oleh kepala daerah yang berstatus sebagai pejabat politik, terutama terkait dengan kepentingan salah satu peserta pemilu pada tahun 2024, baik presiden maupun calon legislatif.

BACA JUGA :  Rencana Penutupan Alun-alun Kota Bogor, Akses Menuju Stasiun Tetap Dibuka

“Kami dari Bawaslu juga mengimbau kepada camat untuk dengan tegas menerapkan aturan tersebut,” katanya.

Selain memiliki hak yang setara, ASN di Kabupaten Bogor juga diingatkan untuk menjalankan tanggung jawab mereka dengan mempertahankan sikap netral menjelang pemilu 2024.

“Walaupun memiliki hak pilih dan kepentingan pribadi, kami mengimbau ASN untuk tetap mematuhi ketentuan yang berlaku dan melaksanakan tugas-tugas mereka dengan netralitas,” tambahnya. ***

Penulis : Mutia Dheza Cantika

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================