Banjir Terjang Karawang Setinggi 2 Meter, Ratusan Warga Mengungsi

Banjir Terjang Karawang Setinggi 2 Meter

BOGOR-TODAY.COM – Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang diterjang banjir setinggi 2 meter, pada Sabtu (6/1/2024). Banjir yang semakin meluas menggenangi 441 rumah dan 1.629 jiwa dari  568 KK yang terdampak.

Dari data yang dihimpun ada sebanyak 327 warga terpaksa mengungsi kerumah kerabatnya karena air semakin meninggi.

Hujan turun dengan intensitas tinggi selama 3 hari berturut turut di Desa Karangligar ditambah dengan banjir kiriman dari sungai Cibeet dan sungai Citarum membuat air semakin meninggi. Hal itu dikatakan Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Kaming.

BACA JUGA :  Cemilan ala Rumahan dengan Dadar Gulung Cokelat Isi Pisang Keju yang Menggugah Selera Anak

Warga yang sebelumnya masih bertahan di rumah akhirnya mulai mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak kebanjiran.

“Kami sudah menyiapkan tempat pengungsian namun sejumlah warga memilih mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak kebanjiran,” kata Kaming, Sabtu (6/1/24).

Kaming menuturkan data dari BPBD Karawang tercatat ada sebanyak 327 jiwa yang mengungsindi rumah kerabatnya yang berlokasi masihndi Desa Karangligar. Air yang terus meninggi hingga mencapai 2 meter.

“Sebagian dari pengungsi ini kami evakuasi dari rumahnya karena sudah terkepung air. Mereka memilih mengungsi di kerabatnya dan menolak dibawa ketempat pengungsian yang disediakan pemerintah,” katanya.

BACA JUGA :  Ini Dia Hasil Autopsi Kerangka Mayat Terbakar, Diduga Perempuan Usia 20-an Tahun di Bangkalan

Kaming mengatakan selain rumah warga yang terendam hingga setinggi 2 meter sebanyak 441 rumah juga tempat ibadah sebanyak 7 tempat ibadah dann3 sekolah juga terendam hingga mencapai 2 meter. Jika hujan masih turun kemungkinan banjir akan meluas.

“Kami mengantisipasi jika hujan terus menerus banjir akan meluas. Perahu karet sudah disiapkan untuk evakuasi warga,” katanya.(NET*)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================