Polisi Tangkap Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Kota Bogor, Sehari Angkut 3000 Liter Bio Solar

Truk boks bermuatan toren BBM berusbsidi saat diamankan di Polresta Bogor Kota. (Foto: Aditya/Bogor-today.com)

BOGOR-TODAY.COM – Polresta Bogor Kota mengungkap jaringan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Bio Solar di wilayah Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Bismo Teguh Prakoso mengatakan, hari ini bersama pihak Pertamina, kami menjelaskan penyalahgunaan BBM bersubsidi bio solar. Subsidi ini seharusnya dinikmati oleh masyarakat sesuai dengan peruntukannya.

“Namun dalam kasus ini disalahgunakan ditampung dan dijual harga solar industri di Pulo gadung. Pelaku yang berhasil diamankan tiga orang,” kata Bismo, Selasa (23/1/2024).

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Wanita Posisi Telentang dan Ada Luka di Sukabumi

Bismo menjelaskan, bahwa seorang sopir truk boks mencari SPBU dari arah Pulo Gadung dan menemukan bahwa ada empat SPBU di Bogor, yaitu Pomad, Warung Jambu, KS Tubun, dan Cibuluh.

“Modus operandi yang dilakukan pelaku sudah mempersiapkan semua peralatannya dengan menyamarkan atau menutupi. Diantaranya ada tiga toren, satu toren berkapasitas 1.000 liter. Kemudian ada mesin pompa didalam box mobil truk,” paparnya.

Bismo mengatakan, bahwa sebelum mengisi bio solar, pelaku berinisial LL (50) menghubungi operator SPBU, antara lain NA (26) dan FA (27). Mereka menggunakan aplikasi My Pertamina untuk mengisi tangki, memindai barcode dan mengisinya dengan bio solar. Kemudian saklar untuk memompa tangki dipindahkan ke torrent.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Gelar Konsultasi Publik Bahas KLHS RDTR Perencanaan Wilayah Cibinong Timur

“Nah, patut diketahui petugas operator mengetahui karena suara mesin kencang. Dalam satu kali mengisi operator diberikan Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. Dalam satu kali mengisi, bisa menghasilkan Rp600 ribu,” bebernya.

======================================
======================================
======================================