Kota Bogor Raih Kategori Baik Indeks Kualitas Kebijakan, Pemkot Tingkatkan Nilai IKK di 2025

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengecek kendaraan terkait kebijakan pengendalian polusi udara.

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berhasil mendapatkan nilai 65,00 dengan kategori Baik pada penilaian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) 2023 yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Meski mendapatkan kategori baik, nilai ini tidak membuat Kota Bogor berpuas diri.

Dengan semangat untuk meningkatkan nilai IKK di 2025 mendatang, Pemkot Bogor menggelar rapat koordinasi evaluasi IKK 2023 di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, pada Kamis (25/1/2024).

Kota Bogor baru mengikuti IKK pada 2023 dan langsung mendapatkan nilai 65,00 kategori Baik. Di rapat evaluasi ini kami belajar dengan Kabupaten Bogor karena nilai IKK Kabupaten Bogor 90,53 kategori sangat baik. Ini juga sekaligus mempersiapkan penilaian IKK 2025 nanti agar nilai IKK Kota Bogor meningkat,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Kota Bogor, Irma Arlini mengatakan, IKK ini merupakan suatu instrumen yang dikeluarkan LAN untuk mengukur kualitas suatu kebijakan yang dibuat pemerintah daerah. Pada IKK ini terdapat dua dimensi yang dinilai, yakni Dimensi Perencanaan Kebijakan dan Dimensi Evaluasi Kebijakan.

BACA JUGA :  Pembinaan Jemaah Haji Kota Bogor, Dedie Rachim Ingatkan Jaga Kesehatan

“Dari dua dimensi ini masing-masing ada turunan dimensinya atau sub dimensi sebanyak empat dimensi. Dari sub dimensi ini kemudian diturunkan lagi menjadi 13 indikator yang mana setiap indikatornya ada 39 pertanyaan yang harus dijawab,” kata Irma.

============================================================
============================================================
============================================================