Longsor Hantam Belasan Rumah di Gunungkidul hingga Rusak, 1 Warga Luka

Longsor Hantam Belasan Rumah di Gunungkidul hingga Rusak

BOGOR-TODAY.COM – Telah terjadi bencana alam longsor yang menghantam belasan rumah di lima kapanewon (kecamatan) Gunungkidul hingga rusak, pada Rabu (31/1/2024). Paling parah berada di Kapanewon Gedangsari karena ada 1 dari 6 rumah yang roboh tertimpa tanah longsor.

Dalam insiden tersebut beruntung tidak ada korban jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta warganya untuk terus meningkatkan kewaspadaannya mengingat musim hujan masih berlangsung.

25 titik longsor di wilayahnya terdampak hujan deras dan angin kencang. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun ada satu warga yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena tertimpa longsoran.  Demikian dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Purwono menyebut 25 titik longsor dengan obyek terdampak yang berbeda. Setidaknya ada 16 rumah yang terkena longsoran dan 1 diantaranya roboh rata dengan tanah. Saat ini pihaknya bwrsama relawan berusaha membersihkan material longsoran.

“16 titik rumah terdampak longsor. Lainnya itu 6 titik jalan, 1 talud dan 1 masjid,” ujarnya.

16 rumah yang mengalami kerusakan terdampak longsor di antaranya ada di kapanewon Patuk, Gedangsari, Nglipar, Karangmojo dan Ponjong. Paling banyak rumah terdampak ada di Kapanewon Gedamgsari karena ada 6 titik, kemudian Nglipar 5 titik, Patuk ada 4 titik sementara Karangmojo dan Ponjong masing-masing 1 titik.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 4 Mei 2024

Kapolsek Gedangsari AKP Suryanto ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut  Rumah yang roboh adalah milik Temon, warga Dusun Jetis 01/05 Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Gedangsari.

“Peristiwa itu terjadi sekira pukul 15.00 WIB,” tuturnya.

============================================================
============================================================
============================================================