SANLAT PELAJAR SEBAIKNYA DIADAKAN SEBELUM RAMADHAN

FOTO OPINI_1
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PESANTREN Kilat (Sanlat) yang diadakan oleh pihak sekolah biasanya diadakan di awal, di tengah atau di akhir ramadhan.

Anjuran untuk mengadakan sanlat di sekolah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan setempat dan sudah dilakukan sejak beberapa tahun kebelakang.

Mumpung ramadhan masih  sebulan lagi, belum terlambat, alangkah baiknya, jika  tahun ini pelaksanaan sanlat diadakan sebelum ramadhan.

Mengapa sebaiknya sanlat dilaksanakan sebelum ramadhan, agar tujuan diadakannya sanlat berhasil, sehingga puasanya peserta didik juga berhasil.

BACA JUGA :  SOLUSI AGAR GURU BEBAS DARI PINJOL

Jangan malah sudah puasa baru pihak sekolah baru melaksanakan sanlat, jadi ilmunya terlambat tersampaikan ke peserta didik.

Penulis juga percaya, peserta didik, insyaAllah sudah mendapat ilmu tentang segala hal tentang puasa Ramadhan baik dari sekolah maupun luar sekolah.

Tapi jika diingatkan kembali saat sanlat sebelum puasa, hal ini lebih mengena dan peserta didik termotivasi lagi untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Alasan yang lain, bukankah para sahabat Rosul SAW dan orang-orang yang soleh, mempersiapkan puasa itu dua bulan sebelumnya, yaitu sejak bulan rajab.

BACA JUGA :  KEMANA SETELAH LULUS SMA?

Sehingga ada doa yang sangat terkenal untuk menyambut puasa ramadhan, yaitu: Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya’bana, wa ballighna romadhona.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab, syaban dan berkahilah kami di bulan ramadhan ini.

Sekelas para sahabat Rosul SAW dan hamba yang soleh saja harus latihan dan persiapan 2 bulan untuk menyambut puasa ramadhan yang full 30 hari.

============================================================
============================================================
============================================================