Ternyata Ini Dia 10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Wajib Simak Ini!

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COMCuka apel difermentasi melalui dua tahap berkesinambungan, yaitu pengubahan glukosa menjadi alkohol lalu asam cuka. Cuka apel dibuat fermentasi buah dengan tambahan ragi dan gula.

Ternyata mengonsumsi cuka apel juga bisa berdampak baik untuk kesehatan tubuh hingga kulit lho. Seperti membantu menurunkan berat badan, kandungan lemak dan kolesterol dalam darah, serta mencegah diabetes.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan tidak terkontrol. Sehingga pada akhirnya merusak jaringan sehat dalam tubuh.

Kandungan beta karoten dan antioksidan dalam cuka apel berfungsi untuk melawan radikal bebas. Untuk diketahui, radikal bebas sendiri banyak ditemukan dalam polusi kendaraan, radiasi ultraviolet, dan asap rokok. Sehingga, dengan adanya dua kandungan ini, cuka apel bisa membantu melindungi tubuh dari dampak negatif radikal bebas.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tingginya kadar kolesterol total (jumlah kolesterol LDL dan HDL), kolesterol LDL, dan rendahnya kadar kolesterol HDL bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, meminum 1 ons cuka sari apel setiap hari bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol HDL.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin, terutama ketika tubuh mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Cara kerja cuka apel sendiri yaitu dengan memperlambat pelepasan gula darah ke makanan dalam darah.

Hal ini membantu mencegah lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel bisa mengurangi kadar glukosa dan insulin setelah makan.

Umumnya cuka sari apel dianggap aman. Tapi, jika kamu sedang mengkonsumsi obat penurun gula darah, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter ya.

  1. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka bisa meningkatkan rasa kenyang. Sehingga, asupan kalori akan lebih sedikit dan pada akhirnya bisa menurunkan berat badan.

BACA JUGA :  Sukoharjo Geger, Penemuan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan Siwal

Mengutip Healthline, sebuah studi jangka pendek menunjukkan orang yang mengonsumsi cuka apel dengan hidangan padat mengalami penekanan nafsu makan selama 120 menit setelah makan. Selain itu, mereka juga dapat mengurangi ngemil selama 3-24 jam setelah mengkonsumsi cuka apel.

Meski begitu, sebetulnya menambahkan atau mengurangi satu jenis makanan jarang memberi efek nyata pada berat badan. Penurunan berat badan jangka panjang bisa terjadi dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

  1. Mendukung Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Cuka sari apel dapat memberi efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Mengutip laman Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, kandungan senyawa antioksidannya dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Secara teori, cuka apel memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Mengutip Byrdie, pertama, cuka apel bisa membantu menyeimbangkan pH lapisan kulit terluar.

============================================================
============================================================
============================================================