Wajib Tahu! Ternyata Risiko Diabetes dan Kanker Bisa Turun dengan 4 Makanan Ini

Makanan

BOGOR-TODAY.COM – Mengubah pola hidup termasuk pola makan, bisa menjadi atau membantu mengurangi risiko penyakit kanker dan diabetes. Ahli kesehatan mengungkap 4 makanan yang bisa membantunya.

Pola hidup yang baik, termasuk menjaga pola makan sehat sangat penting diterapkan.

Menentukan jenis makanan yang dikonsumsi sangatlah penting, meskipun sebagian orang mungkin hanya memusatkan perhatian pada banyak jumlah asupan kalori.

Seorang ahli kesehatan memperingatkan, kebanyakan makanan yang umum dikonsumsi sebenarnya bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit. Misalnya, makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat.

BACA JUGA :  Halalbihalal IWAPI Kota Bogor, Hery Antasari: Ciptakan Pengusaha Tangguh

Makanan-makanan seperti kue, roti tawar, atau gorengan memang terasa sangat nikmat. Namun, makanan ini bisa menyebabkan peradangan tubuh.

Mengonsumsi makanan seperti itu tidak hanya menyebabkan peradangan, tetapi juga memicu nyeri sendi dan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, ia merekomendasikan untuk mulai mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

  1. Buah dan sayur-sayuran
Buah dan sayuran

Buah dan sayuran juga merupakan makanan esensial yang perlu dikonsumsi sehari-hari.

Dr Ruxton menjelaskan, sebuah penelitian menunjukkan jika makan lebih banyak buah dan sayuran mengurangi peradangan dalam darah, disebut protein C-reaktif.

BACA JUGA :  Jelang Purna Tugas, Sekda Burhanudin Titip Pesan Agar ASN Selalu Kerja Sinergi Bangun Kabupaten Bogor

Dengan menurunkan peradangan, buah dan sayuran ini juga menolong mengontrol gula darah, serta menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Dr Ruxton juga mengungkap, peradangan merupakan inti perkembangan penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu di Jurnal Neurologi menunjukkan orang yang jarang konsumsi buah dan sayur berisiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer.

  1. Ikan berminyak yang kaya omega-3

Ikan berminyak yang kaya omega-3
============================================================
============================================================
============================================================