BULAN RAMADHAN ADALAH  BULAN  AL QURAN

FOTO OPINI
FOTO : IST

Oleh : Jihad Achmad Gojali, M.Pd (Guru Tahfidz & Tahsin SMAIT BBS)

BULAN Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Islam. Pada bulan ini, kaum muslimin diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Ibadah puasa dilaksanakan dari terbit hingga terbenamnya matahari. Aktivitas puasa ini membuat bulan Ramadhan  menjadi bulan dengan nuansa yang sangat berbeda.

Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah. Dalam keyakinan seorang muslim, ibadah pada bulan Ramadhan menjanjikan banyak pahala dari Allah SWT.

Bulan Ramadhan menjadi semakin istimewa, karena di dalamnya terdapat peristiwa turunnya Al-Qur’an dan malam Lailatul Qadr.

BACA JUGA :  Tega, Suami di Tuban Cekik Istri hingga Tewas, Diduga usai Cekcok

Dalam ajaran Islam, malam Lailatul Qadr adalah malam dimana rahmat dan ampunan Allah melimpah ruah yang mampu membersihkan dosa-dosa yang telah lalu.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (QS. Al-Baqarah: 183).

Selain berpuasa, salah satu langkah untuk memperbaiki ketakwaan kita di bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak atau rajin membaca Al-Qur’an.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Kita ketahui bersama, bulan Ramadhan adalah satu bulan yang sangat mulia. Betapa tidak, di dalamnya turun mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW, yaitu Al-Qur’an.

Kitab suci bagi umat Islam ini memang diturunkan sebagai petunjuk bagi kita semua dalam mengetahui antara yang hak dan yang batil, antara halal dan haram.

Nabi Muhammad SAW menjamin kita, umatnya, jika banyak membaca Al-Qur’an, maka akan aman dan bahagia.

============================================================
============================================================
============================================================