Mudik Makin Aman dan Hemat, Ini Dia yang Perlu Diperhatikan!

Ilustrasi Mudik

BOGOR-TODAY.COMMudik atau pulang kampung merupakan sebuh tradisi yang biasanya dilakukan turun temuran saat lebaran untuk berkumpul bareng keluarga.

Apa sih yang perlu disiapkan untuk melakukan perjalanan mudik? Tentunya perlu perencanaan yang matang, terutama dari segi keuangan. Hal ini dilakukan agar selama dan sesudah mudik keuangan tetap sehat dan aman.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik:

  1. Anggaran

Sebelum berangkat mudik, buatlah anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Anda dapat menyisihkan pendapatan untuk membayar kebutuhan yang bersifat penting dan wajib.

BACA JUGA :  Paling Dicari Tarvel, Ini Dia 8 Makanan Khas Maluku yang Terkenal

Kalau keamanan secara finansial, sebelum berangkat mudik, sisihkan uang penghasilan dan THR yang kita dapat untuk membayar kebutuhan-kebutuhan yang kita perlukan pasca berlebaran dan mudik, tentunya yang bersifat penting dan merupakan kewajiban.

Bersifat penting, seperti cicilan-cicilan (rumah atau kendaraan), bayar listrik, bayar air, biaya pendidikan anak, hingga biaya makan dan transportasi setelah lebaran. Lebih aman, dia menyarankan agar biaya pengeluaran tersebut dipisahkan ke rekening yang berbeda.

BACA JUGA :  Bahas Koalisi Jelang Pilkada 2024, PKB Jadi Parpol Pertama Yang Disambangi Golkar

Sehingga bila ternyata nanti kita lalai dalam mengontrol pengeluaran kita selama mudik, tidak kemudian ikut menggunakan uang yang sebenarnya diperuntukkan untuk kebutuhan lainnya.

  1. Cek Kondisi Kendaraan Pribadi

Untuk mengutamakan keamanan secara fisik sebelum mudik, apabila membawa kendaraan pribadi, pastikan untuk mengecek semua komponen kendaraan prima.

============================================================
============================================================
============================================================