Minum Air Lemon untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah? Simak Ini

Minum Air Lemon untuk Turunkan Berat Badan

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu minuman yang dianggap bisa membantu menerapkan pola hidup sehat yaitu air lemon. Maka tak heran jika minuman ini disarankan bagi yang ingin menurunkan berat badan (BB).

Air lemon tidak memberikan nutrisi signifikan khususnya untuk menurunkan berat badan, meskipun air lemon merupakan minuman menyegarkan yang mengandung vitamin C.

Konsumsi air lemon dapat menjaga sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Hasilnya tubuh menjadi lebih sehat, hingga mampu mencegah serangan penyakit infeksius atau noninfeksius. Hal itu dilansir dari Situs Medicine Net.

Kandungan pada Satu Gelas Air Lemon

BACA JUGA :  Sarapan Sehat dan Bergizi dengan Tumis Udang Sayuran yang Simple dan Lezat

Lemon seberat 48 gram yang diperas dan dicampur air hingga menjadi segelas mengandung nutrisi:

  • 10,6 kalori.
  • 21% dari kecukupan nilai kebutuhan harian (DV) vitamin C.
  • 2% dari DV folat.
  • 1% dari DV vitamin.
  • 1% dari DV kalium.
  • 1% dari DV vitamin B1.
  • 1% dari DV vitamin B5.
  • 0,5% dari DV vitamin B2.

Penelitian yang dilakukan National Institute of Health tahun 2018 menyebutkan, mekanisme untuk menurunkan berat badan dengan konsumsi air lemon sebelum makan belum jelas.

Para ahli menyebutkan, efektivitas air lemon untuk menurunkan BB terhitung sama dengan air putih biasa. Konsumsi air lemon untuk diet membutuhkan olahraga dan makanan bergizi agar BB cepat turun.

BACA JUGA :  Nahas, Diduga Tersambar Petir, Warga Agam Sumbar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gosong

Air lemon mungkin tak berdampak besar bagi BB, namun jelas berdampak baik bagi kesehatan. Berikut manfaat dan kandungannya:

  1. Meningkatkan hidrasi

Dikutip dari penelitian National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDKK), orang dewasa membutuhkan konsumsi 8 gelas air berukuran 8 ons per hari. Namun tidak semua orang dapat minum air putih dalam jumlah banyak, sehingga perasan lemon dapat mendorong konsumsi air lebih banyak.

============================================================
============================================================
============================================================