Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor Lakukan Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Bogor Tahun 2023

Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor

BOGOR-TODAY.COM – Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama DPRD Kabupaten Bogor lakukan Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bogor Tahun Anggaran 2023, yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Kamis (28/3/24).

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa, beberapa hal yang dibahas pada rapat paripurna ini diantaranya yakni kebijakan pendapatan daerah yang ditetapkan tahun 2023 antara lain, optimalisasi pendapatan asli daerah yang dilaksanakan melalui 17 strategi, optimalisasi pendapatan transfer yang dilaksanakan melalui 4 strategi, Optimalisasi lain-lain pendapatan daerah yang sah melalui peningkatan usulan kepada pemerintah provinsi untuk mendapatkan dana hibah.

BACA JUGA :  Lepas Khafilah Kabupaten Bogor Ikuti MTQ Tingkat Jabar, Pj. Bupati Bogor Ingin Para Khafilah Mampu Bumikan Al-Quran di Bumi Tegar Beriman 

Sementara katanya, untuk kebijakan belanja daerah tahun 2023, yaitu pengalokasian belanja kesehatan dan hal lain yang berkaitan dengan kesehatan. Lalu peningkatan komponen belanja yang mendorong pemulihan ekonomi daerah dan reformasi sosial. Peningkatan belanja yang diarahkan untuk pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa dan penciptaan lapangan kerja padat karya.

Kemudian pemberian stimulus ekonomi bagi pelaku usaha serta pendampingan usaha bagi wirausaha baru yang rentan terhadap perubahan kondisi ekonomi. Pemberian bantuan sosial bagi masyarakat rentan yang terdampak bencana alam maupun non-alam.

BACA JUGA :  Jadwal Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 1 Mei 2024

Pemenuhan kewajiban penganggaran untuk mendukung terlaksananya standar pelayanan minimal perangkat daerah yang melaksanakan urusan atau bidang urusan wajib. Serta pemenuhan belanja prioritas yang mendukung pencapaian visi, misi dan program-program Pancakarsa. Penggunaan alokasi transfer ke daerah dan Dana Desa dari Pemerintah Pusat untuk pemenuhan belanja daerah. Serta kebijakan pembiayaan setelah perubahan tahun 2023 ditujukan untuk memberikan penyertaan modal dan menutup defisit belanja.

Pj. Bupati Bogor Bersama DPRD Kabupaten Bogor

“Dalam LKPj Bupati Bogor tahun 2023 juga membahas realisasi penggunaan anggaran maupun target pendapatan daerah,” terang Pj. Bupati Bogor.

============================================================
============================================================
============================================================