Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

Ilustrasi Pikun

BOGOR-TODAY.COM Pikun ternya bisa disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi lho. Maka dari itu, kamu perlu simak artikel ini sampai selesai dan hindari makanan-makanan yang bisa membuat pikun ini.

Menjaga kesehatan otak menjadi penting untuk mencegah pikun. Sehingga walaupun bertambah usia bisa focus sepanjang hari.

Pikun merupakan kondisi di mana kemampuan otak untuk berpikir menurun secara drastis. Hal ini umumnya disebabkan oleh penurunan fungsi jaringan otak. Pikun merupakan gejala normal yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia sebagai bentuk proses penuaan. Hal itu menurut laman resmi Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA :  Resep Membuat Ikan Nila Bakar Pedas Manis yang Lezat Bikin Ketagihan

Makanan yang bikin pikun

  1. Sosis

Sosis dan makanan olahan lainnya mengandung nitrat. Nama terakhir merupakan senyawa yang terdapat dalam bahan pengawet dan sering dikaitkan sebagai penyebab depresi.

Pada sebuah penelitian, nitrat dapat mengubah bakteri usus sehingga berpotensi memicu gangguan bipolar.

  1. Roti putih
BACA JUGA :  Pemkab Bogor Usung Tema "Babarengan, Akur dan Makmur" pada HJB ke-542 tahun 2024

Karbohidrat tinggi seperti roti putih dan nasi putih mengandung glukosa. Faktanya, gula dapat meningkatkan risiko depresi.

  1. Minuman soda

Otak memanfaatkan glukosa sebagai bahan bakar. Namun, konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan gangguan ingatan dan penurunan plastisitas hipokampus.

============================================================
============================================================
============================================================