Obati Sakit Pinggang dengan 5 Air Rebusan Ini, Musah Dibuat

ramuan

BOGOR-TODAY.COM – Setiap orang bisanya mengalami sakit pinggang, hal itu akan menggangu aktivitas lantaran rasanya yang tak nyaman. Jika kamu mengalami sakit pinggang, tak perlu buru-buru minum obat dokter, kamu bisa mengonsumsi air rebusan untuk mengobati sakit pinggang.

Sakit pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, banyak membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang.Sakit pinggang bisa dialami siapa saja, terutama seseorang di usia 30 – 50 tahun. Hal ini disebabkan oleh perubahan tubuh seiring usia.

Penyebab yang sering terjadi meliputi:

  • Cedera saat olahraga
  • Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat
  • Ligamen terkilir
  • Otot terkilir secara tiba-tiba
  • Otot terlalu meregang berlebihan
  • Mengangkat beban berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat
BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Air rebusan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk atasi sakit pinggang

  1. Bawang merah

Sejak dulu bawang merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan penyakit sakit pinggang. Bawang merah juga mengandung komponen aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tanin.

Cara membuatnya, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma Cina. kemudian tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

  1. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Senyawa bioaktif utama kunyit yang disebut kurkumin mungkin memiliki sifat antiinflamasi. Mengutip PharmEasy, senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

Cara membuatnya cukup mudah, cukup mencampurkan beberapa bahan seperti kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot yang telah dibersihkan terlebih dahulu ke dalam sebuah panci untuk direbus.

Lalu rebus hingga mendidih, kemudian diamkan hingga air menghangat. Setelah itu, saring air rebusan tersebut. Kemudian ramuan diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

  1. Daun sirih

Melansir laman Kemenkes, daun sirih mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

============================================================
============================================================
============================================================